Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan

Franskasius Mugianto, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Santo Tarsisius Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Santo Tarsisius Singkawang. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian kemampuan penalaran adaptif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran adaptif siswa pada materi operasi hitung pecahan tergolong sedang; (2) Gambaran bentuk kesalahan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa pada materi operasi hitung pecahan, yaitu: (a) siswa salah dalam menyimpulkan soal, (b) siswa salah dalam memaknai soal; (c) siswa salah dalam operasi hitung; dan (d) siswa salah dalam memahami konsep; (3) Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran adaptif pada materi operasi hitung pecahan, yaitu (a) siswa tidak lengkap mengerjakan soal atau tidak memahami maksud dari soal yang ditanyakan; (b) siswa tidak bisa mengembangkan metode apabila dihadapkan dengan bentuk soal yang berbeda, atau tidak dapat menemukan jawaban akhir; dan (c) kesalahan operasi hitung dimana siswa kurang teliti dalam menghitung.

Keywords


Penalaran Adaptif Matematis; Operasi Hitung; Bilangan Pecahan

Full Text:

PDF

References


Aris. (2005). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SIstem Persamaan Linier Dua VariabeL. Jurusan Matematika Jurnal FMIPA, UNESA.

Ariyunita. (2012). Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktifistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Arliani. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. (Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal pendidikan tinggi), Percobaan Surabaya. Tesis. PPs IKIP Surabaya.

Hudiono, B. (2007). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Kilpatrick, Jeremy, & Swafford, J. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academiy Press.

Kurniawati, L. (2006). Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMP. Algoritma, 1, 781-792.

Manggala, I.S.A. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking A Loud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Penalaran Adaptif Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional, 1(12), 237-241.

Nurharini, D. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya, (Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional). Jakarta: Rineka Cipta.

Soejadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. (Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal pendidikan tinggi), Percobaan Surabaya. Tesis. PPs IKIP Surabaya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendra. (2012). Potensi Penalaran Adaptif Matematis Siswa dalam Materi Persamaan Garis Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak.

Yuanari. (2011). Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.