Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Patchwork Assessment

Buyung Buyung

Abstract


Kemampuan koneksi matematis siswa masih kurang, kemampuan koneksi matematis siswa masih belum maksimal, seperti siswa kurang paham pada materi pelajaran sehingga tidak berani menyampaiakan materi saat melakukan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran matematika berbasis Patchwork Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes kemampuan koneksi matematis. Pembelajaran matematika berbasis Patchwork Assessment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dokumentasi dan tes. Uji prasyarat ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian berdasarkan hasil output SPSS diperoleh nilai signifikan = 0.012, karena nilai signifikan 0.012 < 0.05, maka diperoleh bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas dengan pembelajaran matematika berbasis patchwork assessment lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas kontrol.

Keywords


Patchwork Assessment; Kemampuan Koneksi Matematis; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Brown, S., Race, P., and Smith, B. (1996). 500 Tips on Assessment. London: Kogan.

Brunsden, V. (2007a). Patchwork texts as a form of assessment. Higher Education Academy Psychology Network Newsletter, 44, 4–5.

Dewi, P. D. K. & Suweken, G. (2014). Pengaruh Patchwork Assessment terhadap Kemampuan Koneksi Matematika pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Denpasar Ditinjau dari Kompetensi Awal Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1).

Kouba, V.L. et al. (1988). Results of the Fourth NAEP Assessment of Mathematics, Arithmetic Teacher.

Leigh, J. A., Rutherford, J. M., Wild, J., Cappleman, J., & Hynes, C. (2013). The Patchwork text assessment-an integral component of constructive alignment curriculum methodology to support healthcare leadership development. Journal Education and Training Studies, 1(1), 139-150.

Mullis, I. V. S. et al. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. (Online) Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. (online). Tersedia www.nctm.org

OECD. (2015). PISA 2015 Results in Focus Indonesia. (Online). Tersedia: http:// https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.

Ovens, P. (2003). Editorial. Innovations in Education and Teaching International, 40(2), 109–112.

Raelin, J. (2000). Work-Based Learning: The New Frontier of Management Development. New Jersey: Prentice Hall.

Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematis. Tesis. Bandung: UPI. (tidak diterbitkan).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Wesson, C. J. (2013). Introducing Patchwork Assessment to a Social Psychology Module: The Utility of Feedback. Psychology Teaching Review, 19(2), 97-105.

Winter, Richard., Parker, Jan., and Ovens, Peter. (2003). (Eds.): The Patchwork Text: A Radical Re-assessment of Coursework Assignments. A ‘Special Issue’ of Innovations in Education and Teaching International, 30(2), May 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i1.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.