Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras

Dwi Rohmani, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Nurul Husna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent, field independent, dan faktor penyebab pada materi pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa GEFT dan tes uraian yang telah diuji menggunakan validasi isi, validasi konstruk, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data berupa penskoran, penyajian data berupa pendeskripsian dan wawancara, serta menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent kelompok tinggi berkategori baik, siswa dengan gaya kognitif field dependent kelompok sedang dan kelompok rendah berkategori kurang baik pada tahap-tahap indikator kemampuan pemecahan masalah, sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent tidak ditemukan hasil penelitian dikarenakan tidak adanya siswa dengan gaya kognitif field independent di kelas tersebut; (2) faktor internal siswa meliputi ketidakmampuan menemukan konsep, strategi yang tidak tepat, tidak mampu melakukan proses perhitungan dan menyelesaikan masalah, tidak memahami materi dengan baik,  kurang paham terhadap konsep pythagoras, malas, serta tidak teliti, sedangkan faktor eksternal meliputi, alokasi waktu, kondisi kelas yang ribut, tidak sungguh-sungguh, bermain-main, dan mengobrol, sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Gaya Kognitif; Field Dependent; Field Independent; Pythagoras

Full Text:

PDF

References


Ahmadzade, L. & Shojae, M. (2013). Investigating the Relationship between Cognitive Style (Filed Dependence/Independence) and Academic Achievement in Male and Female Students of Behbahan Islamic Azad University. Journal of Life Science and Biomedicine, 3(3), 245-249.

Akramunnisa. (2015). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gaya Kognitif Field Independent (FI). Jurnal Pedagogy, 1(2), 46-56.

Al-Tabany, Trianto I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Arifin, Sadriwanti. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20-29.

Arunti, Rindang. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ponjong Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: UI Negeri Sunan Kalijaga.

Awaliyah, Ghaida. (2015). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.

Cao. Y. (2006). Effects of Field Dependent-Independent Cognitive Styles and Cueing Strategies on Students’ Recall and Comprehension. Dissertation. Blacksburg VA: Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University.

Fitriana, Laela. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif (Field Dependent dan Field Independent) di Kelas XI IPA 2 MAN Rejotangan Tahun 2012/2013. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN.

Haloho, Synthia H. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.

Husna, Nurul. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP. Variabel, 1(1), 36-41.

Istiqomah, Nurul. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144-149.

Karacam, S. & Digilibaran, A. (2015). The effects of field dependent/field independent cognitive styles and motivational styles on students’ conceptual understanding about direct current circuits. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 16(2).

Kemendikbud. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Brenchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta: Puspendik.

Khakim, Irwan F. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif melalui Model SSCS dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.

Khoiriyah, Nor. (2013). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas.

Kristiana, Nanik. (2012). Pengaruh Game Online Sara’s Cooking Class terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental di SMK N 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri.

Mariyam, Prihatiningtyas, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 66-73.

Ngilawajan, Darma A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pedagogia, 2(1), 71-83.

Oktavien, Yelli. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Rengat. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Prabawa, Endra A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120-129.

Purnomo, D.J. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif pada Geometri Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 109-115.

Rosmaiyadi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19.

Santia, Ika. (2015). Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 365-381.

Shadiq, Fadjar. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian, Roida E.F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Ulya, Himmatul. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2), 1-12.

Vendiagrys, Lia. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.