Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Logaritma

Saniah Saniah, Resy Nirawati, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Logaritma di kelas X MA Yasti Singkawang, besarnya aktivitas siswa, besarnya kemandirian siswa, serta untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individual maupun klasikal. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, bentuk penelitian Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 75 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling. Adapun yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XB yang berjumlah 25 orang dan kelas kontrol adalah kelas XA yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,39 yang berada pada kriteria sedang dan peningkatannya lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas kontrol, selanjutnya berdasarkan perhitungan uji-t dua sampel diketahui bahwa terdapat perbedaaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang signifikan setelah diberikan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi logaritma, (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching sangat aktif dengan persentase sebesar 78,69%, (3) Ketuntasan belajar siswa mencapai KKM 68 yaitu sebesar 77,78 dan ketuntasan klasikal melampaui 75%, (4) Hasil angket kemandirian belajar siswa diperoleh rata-rata seluruh angket 80,16 dengan kategori baik.

Keywords


Reciprocal Teaching; Pemahaman Konsep Matematis; Logaritma

Full Text:

PDF

References


Atiqah, Nurul. (2014). Penerapan Model Reciprocal Teaching pada Pembelajaran MAtematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, 2(2), 85-93.

Buyung., Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 87-90.

Danianti. (2013). Pengaruh Intelegensi dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 7 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 22-32.

Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Elcho, Muhammad. (2014). Efektivitas Penerapan Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 105-113.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Juliyanti., Rosmaiyadi., & Mariyam. (2018). Pemahaman Konep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Berpendekatan Kontekstual. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 149-159.

NCTM (National Council of Teacher of Mathematics). (2000). Principles and Standars for School Mathematics.Virginia: Reston.

Rohkhana, Siti. (2013). Efektivitas Pembelajaran Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 25-34.

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembankan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sardiman. (2014). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Sardiyanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 89-99.

Vahlia, Ira. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 60-69.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i2.2399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.