Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa pada Materi Perbandingan

Rika Wahyuni, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematika siswa pada materi perbandingan serta menganalisis keterkaitan kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan koneksi matematika. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Singkawang yang berjumlah 22 orang. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematika serta pedoman wawancara yang tidak terstruktur. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mengacu pada pendapat Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukkan: (1) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perbandingan adalah 2 siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi, 7 siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang dan 13 siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah; (2) tingkat kemampuan koneksi matematika siswa pada materi perbandingan adalah 1 siswa dengan kemampuan koneksi tinggi, 5 siswa dengan kemampuan koneksi sedang dan 16 siswa dengan kemampuan koneksi rendah; (3) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika berkaitan dengan tingkat kemampuan koneksi matematika dengan rincian indikator menyatakan ulang sebuah konsep berkaitan dengan memahami hubungan antartopik matematika, indikator memberikan contoh dan non-contoh dari konsep matematika berkaitan dengan menerapkan konsep matematika dengan topik disiplin ilmu lainnya serta indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah berkaitan dengan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Pemahaman Konsep; Koneksi Matematika; Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Hernawan, Asep Herry, Susilana, Rudi, Julaeha, Siti & Sanjaya, Wina. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Karso, Suyadi, Gimin, Muhsetyo, Gatot, Chadra, Tjang Daniel, Widagdo, Djamus & Priatna, Nanan. (2007). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka

Kusmanto, Hadi & Marliyana, Iis. (2014). “Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka”. Jurnal EduMa, 3(2), 61–75.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Mariyam & Wahyuni, Rika. (2016). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Centered Learning Pada Materi Peluang (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP N 6 Singkawang). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 74–80.

Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analisys Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 13–18.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Elsa. (2016). Analisa Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII Mts Ushuluddin Singkawang. Skripsi. STKIP Singkawang. Tidak Dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i2.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.