PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KABUN

Hilda Ainishifa, Bunari Bunari, Suroyo Suroyo

Abstract


Pembelajaran Sejarah di kelas sering diangap membosankan bagi siswa karena guru masih banyak yang mengunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar Sejarah masih dalam kategori rendah. Untuk itu peneliti akan menerapkan media pembeajaran yang dapat meningkatkan minat belajar, interaktif, inofatif, dan tidak membosankan, untuk mengatasi masalah tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interkatif berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI di SMAN I Kabun, dan mengetahui seberapa besar pengaruh media interkatif berbasis wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI di SMAN I Kabun. Jenis penelitian adala pre eksperimen dengan membandingkan hasil belajar sebelum diterapkan media pembelajaran wordwall (pretest) dengan setelah diterapkan media pembelajaran wordwall (posttest). Populasi pada penelitian adalah siswa kelas XI di SMAN I Kabun, dan sampel penelitian adalah kelas XI IPS A sebanyak 36 siswa. Hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah saat pretest didapat nilai rata-rata sebesar 64,5, dan pada posttest didapat nilai rata-rata sebesar 85,9. Selanjutnya hasil uji t didapat nilai t hitung sebesar 32,592, nilai t tabel untuk df(36-1)=1,994. Hasil ini mejelaskan terdapat pengaruh yang signifikan media interkatif berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI di SMAN I Kabun. Hasil uji efektifitas n-gain didapat nilai gain ternormalisasi sebesar 60,28% yang mejelaskan media wordwall memiliki efektifitas kategori sedang dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI di SMAN I Kabun.

Keywords


Media Pembelajaran; Media Wordwall; Hasil Belajar

References


A’Isyah, S. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar bahasa arab Kelas III Mis Nurul Huda Mantuil Banjarmasin.

Arealya, D., Anggrasari, L. A., & Budiarti, M. (2022). Efektivitas media wordwall terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 01 Taman Madiun.

Fajero, Tommi, Festiawan, Rifqi, Anggraeni, Dewi, Ngadiman, & Budi, Didik Rilastiyo. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4914831

Frisila, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SD Kanisius Kadirojo Yogyakarta Kelas IV Materi KPK dan FPB [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Handhika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, (No 03).

Kasa, B., Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., Benu, A. B. N., Bulu, V., Loko, L. E., & Nota, M. C. G. (2021)., 6. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 1 (2).

Khofifah Indra Sukma & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767.

Lutfiyah, & Sulisawati, D. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 02, No, 1, 2614-732X.

Muhibbin, S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Pelajar.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol 6 No 2. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628

Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Pujiastutik, H 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teladan. Vol 4 No 1, 25-36.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3), 3435-3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Rohmatunnisa, A. (2022). Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Di SMAS Triguna Utama Tahun Pelajaran 2021/2022 [Skripsi]. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1 (2). https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i3.4913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.