PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 MANDAU

Hari - Darmansyah, Bedriati Ibrahim, Suroyo Suroyo

Abstract


Media pembelajaran ular tangga merupakan salah satu solusi untuk permasalahan pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah yang sering dicap membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran sejarah khususnya pada materi pergerakan nasional Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 3 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran ular tangga memperoleh persentase 97,14% dari ahli media, 96,67% dari ahli materi, 90% dari ahli soal dan 88,51% dari penilaian siswa dengan kategori keseluruhan “sangat layak”. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah yang ditandai dengan meningkatnya hasil persentase angket motivasi belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memperoleh persentase 86,78% dengan kategori “sangat baik” dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran ular tangga yang hanya memperoleh persentase 51,24% dengan kategori “cukup baik”. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah khususnya kelas XI SMAN 3 Mandau.

Keywords


Media Pembelajaran Ular Tangga, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar

References


Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. Medan: CV Pusdikra MJ.

Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Irawan, R. (2022). Konsep Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musthofa, D. G. (2020). Media Untuk Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Nuronniyah, N. (2015). Pengembangan Permainan Ular Tangga (Snakes and Ladders Game) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Demak Pada Materi Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.

Pamungkas, S., & Azmi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Edukatif Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme Dan Imperialisme Bangsa Eropa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 137–138.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana.

Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 1–31.

Sri Wahyuni, R., & Hastuti, H. (2020). Inovasi Permainan Ular Tangga Sebagai Media dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Kronologi, 2(4), 39–49.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroyo, S., Putra, B., Ibrahim, B., Yanuar, Y., Fikri, A., & Bunari, B. (2021). Implementation of Malay Culture in History Subject. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 1(2), 143–152.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutopo, A. H. (2020). Pengembangan Educational Game. Banten: TOPAZART.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widianto, D. (2017). Pengembangan Permainan Ular Tangga Dalam Bentuk Koleksi Kartu Pembelajaran Untuk Memahami Konsep-Konsep Materi Pelajaran Sejarah Kelas X Di Sma Negeri 1 Sidoarjo. Avatara : E- Journal Pendidikan Sejarah, 5(1), 1472–1480.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i3.4815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.