PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 6 MANDAU

Afifah - Adzra, Isjoni Isjoni, Yanuar Al-Fiqri

Abstract


Penelitian ini menggunakan model pembelajaran time token berbasis media gambar untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 6 Mandau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran time token berbasis media gambar dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 6 Mandau; 2) aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran time token berbasis media gambar dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 6 Mandau; 3) keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran time token berbasis media gambar dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 6 Mandau. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran time token berbasis media gambar dalam pembelajaran sejarah dilakukan sesuai langkah-langkah dari model pembelajaran time token berbasis media gambar; 2) aktivitas guru terjadi peningkatan dari siklus I hingga siklus II, pada siklus I mencapai persentase sebesar 77,7% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 94,4% dengan kriteria “sangat baik”. Pada aktivitas siswa terjadi peningkatan dari siklus I hingga siklus II, pada siklus I mencapai presentase sebesar 67,02% dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II menjadi 85,3% dengan kriteria “sangat baik”; 3) keaktifan siswa pada siklus I hanya mencapai persentase 58,8% dengan kriteria “cukup” dan meningkatkan pada siklus II dengan persentase sebesar 85,32% dengan kriteria “sangat baik”.


Keywords


Model Pembelajaran Time Token, Media Gambar, Pembelajaran Sejarah, Keaktifan Siswa

References


Ahdar. (2021). Ilmu Pendidikan. IAIN Parepare Nusantara Press.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105–120.

Fadly, Wirawan. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Argomulyo. Bening Pustaka

Hartono, Yudi dan Khoirul Huda (2019). Pembelajaran Sejarah Transformatif Untuk Materi Sejarah Kontroversial. Madiun. Unipma Press.

Halma. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Time Token Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Muhammadiyah Tengnga Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Muhammadiyah. Sinjai.

Hidayat, Rahmat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Huda, Miftahul. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Hrp, Nurlina Ariani, dkk (2022). Buku Ajar Beajar dan Pembelajaran. Bandung. Widina Bhakti Persada Bandung.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

———. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pekanbaru. Alaf Riau.

Khdodijah, Siti Nur. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII-I SMP N 3 Lembang. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Kusumaningrum, L.D. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas KIP. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Mahdaliyah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends di Kelas X MIA 2 MAN Palopo.

Pohan, Sri Hotma Sari. (2020). Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Qisty. Hasna Nauri (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajara Time Token Pada Siswa SMP Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Rahman, Abd B.P. dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Richard I. Arends. (2007). Learning to Teach. New York. Beth Medjia

—————— . (2012). Learning to Teach. New York. Beth Medjia

Rosalina Sisilia Santriana Son. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP.

Yati, Risa Marta.(2020). Sindang . Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 84–176.

Simanjuntak, Tianna. (2019). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Time Token Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 293-303.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i3.4814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.