ANALISIS KAJIAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA KEKERINGAN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH PONPES WALISONGO KOTA PONTIANAK

Novita Sariani, Dony Andrasmoro

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan mengetahui pengetahuan, upaya mitigasi dan adaptasi siswa terhadap bencana kekeringan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Walisongo Kota Pontianak. Metode dalam penelitian ini adalah mixed methods sequential explanatory. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan berdasarkan angket, tinjauan pustaka terkait pendidikan mitigasi bencana dan wawancara mendalam. Subjek penelitian yaitu melibatkan 100 siswa dan guru geografi MAS Walisongo yang berlokasi di Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi triangulasi. Untuk  menghindari  keraguan  data  maka  dalam  penelitian  ini  menggunakan triangulasi  teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian bahwa analisis kajian pendidikan mitigasi bencana kekeringan pada siswa Madrasah Aliyah Ponpes Walisongo Kota Pontianak perlu ditingkatkan. Pendidikan mitigasi bencana khususnya kekeringan disisipkan dalam mata pelajaran geografi dengan cara yang tepat dapat memberikan kemampuan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan. Namun berdasarkan hasil jawaban angket siswa dan sebaran materi ajar, mitigasi baru diperoleh pada siswa kelas XI MAS, sehingga kelas bawah masih belum familiar dengan istilah mitigasi bencana.  Pendidikan mitigasi bencana sangat penting diketahui baik dari tingkat pendidikan usia dini hingga pendidikan usia dewasa karna bencana tidak mengenal kapan, siapa dan dimana.


Keywords


Studies, Education, Mitigation, Disaster, Drought.

References


Adi, H. P. (2011). KONDISI DAN KONSEP PENANGGULANGAN BENCANA KEKERINGAN DI JAWA TENGAH.

Al-Maraghi, F. A, Suhendi, R., C. (2017). Profil Literasi Peserta Didik terhadap Mitigasi Bencana Gunung Berapi di Daerah Sukaratu Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 32–35.

Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Daerah Aliran Sungai, Savitri, E., & Pramono, I. (2018). IDENTIFIKASI DAN MITIGASI KERENTANAN KEKERINGAN DAS MOYO (Identification and mitigation of drought vulnerability in Moyo Watershed). Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, 2(2), 173–187. https://doi.org/10.20886/jppdas.2018.2.2.173-187

Undang-Undang No.24 Tahun 2007, Pub. L. No. 24.

Dewi, I. K, I., Y. (2016). Mitigasi Bencana Pada Masyarakat Tradisional Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Di Kampung Naga Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya (Disaster Mitigation On Traditional Community Against Climate Change In Kampong Naga Subdistrict Salawu Tasikmalaya). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(1), 129–135.

Fadillah, F. (2011). Mitigasi bencana gempa bumi di sekitar sesar Lembang (Vol. 3). Bulletin Vulkanologi dan Bencana Geologi.

Hastuti, D., & Muryani, C. (2017). Mitigasi, Kesiapsiagaan, Dan Adaptasi Masyarakat Terhadap Bahaya Kekeringan, Kabupaten Grobogan (Implementasi Sebagai Modul Konstektual Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Pokok Bahasan Mitigasi Bencana). 3(1).

Imansari, M., Sudarmin, S., W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211.

Institut Pertanian Bogor, Suheri, A., Kusmana, C., Purwanto, M. Y. J., & Setiawan, Y. (2019). Model Prediksi Kebutuhan Air Bersih Berdasarkan Jumlah Penduduk di Kawasan Perkotaan Sentul City. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 4(3), 207–218. https://doi.org/10.29244/jsil.4.3.207-218

Mardhiyyah, L. A., Rusilowati, A, L., S. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147–154.

Muhammad, S. N., Listiani, A., A. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 3 Tarakan Kalimantan Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 115–120.

Narut, S., K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Redaksi, A. (2022). ANALISIS CURAH HUJAN FEBRUARI 2022 & PRAKIRAAN CURAH HUJAN APRIL, MEI, DAN JUNI 2022.

Rizaldy, D. (2021a). ANALISIS PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA KELAS XI SMA DI INDONESIA.

Sukamto, S. (2015). Menejemen Antisipasi Bencana. Graha Ilmu Yogyakarta.

Suroso Natakusuma, Hardati. P. (2017). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Edu Geography. 5(3), 124–133.

Surya, I. S., & Suwetha, I. G. N. (2021). Edukasi Bencana Kekeringan Dan Kesiapsiagaan Warga Masyarakat Dalam Menanggulangi Bencana Kekeringan Di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP dan KP), 28–44. https://doi.org/10.33701/jpkp.v3i1.1519

Suryaningrum, I., Astuti, B., & Rusilowati, A. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik pada Mitigasi Bencana di Sekolah yang Dekat dengan Daerah Bencana dan Jauh dari Daerah Bencana Tanah Longsor di Kota Semarang.

UNESCO/ ISDRR, L. I. P. I. L. (2015). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana.

Wulandari, F. (2019). Analisis Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Kekeringan melalui Media Booklet. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 65 https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.346




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i2.3989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.