PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENCANA BANJIR SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RESIKO BENCANA

Dwi Partini, W S Pinoa

Abstract


Indonesia adalah salah satu negara didunia yang rawan terhadap bencana. Beberapa diantaranya adalah bencana gunung Meletus, gempa bumi, tsunami, longsor dan banjir. Banjir merupakan salah satu bencana yang tiap tahun melanda beberapa kota di Indonesia, termasuk kota Ambon provinsi Maluku. Cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu terakhir di kota Ambon mengakibatkan beberapa titik terendam banjir. Banjir dapat membawa dampak yang merugikan jika tidak segera ditangani. Salah satunya melalui jalur pendidikan dengan memberikan pemahaman mitigasi bencana banjir kepada siswa. Pengembangan media pembelajaran banjir ini menggunakan model 4D. Hasil validasi ahli media pembelajaran dengan skor modus 5 pada tiap indicator penilaian berarti sangat baik. Respon mahasiswa dengan skor modus 5 yang berarti sangat baik. Nilai rata-rata pretes siswa 68.50, setelah penggunaan media pembelajaran nilai rata-rata post test siswa menjadi 81.08. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran banjir berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bencana banjir. Melalui pemahaman mitigasi banjir yang baik dapat menumbukan sikap sadar dan tanggap bencana sehingga dapat mengurangi resiko bencana banjr.


Keywords


mitigasi , banjir, media pembelajaran

References


Amalia, Hany. 2021. “Evaluasi Kinerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang.” Jurnal Kebijakan Publik 19–26.

Aslam, and U. Lasminto. 2020. “2D Numerical Modeling of the Jeneberang River Flood Due to the Overflow of the Bili-Bili Dam.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 930(1).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2022. Data dan Informasi Bencana Indonesia tahun 2022. http://www.dibi.bnpb.go.id

Beura, Devananda. 2018. “Floods in Mahanadi River, Odisha, India.” International Journal of Engineering and Applied Sciences (IJEAS) 2(2):51– 55

Chitiyo, G. & Chitiyo, M., 2009, ‘The impact of the HIV/AIDS and economic crises on orphans and other vulnerable children in Zimbabwe’, Childhood Education, International Focus Issue 85(6), 347–351.http://dx.doi.org/10.1080/00094056.2009.10521399

GADRRRES, 2017. Comprehensive School Safety Framework. http://gadrrres.net/resources/comprehensive-school-safety-framework

Gampell, Anthony, J. C. Gaillard, Meg Parsons, dan Loïc Le Dé, 2020, “Serious’ Disaster Video Games: An Innovative Approach to Teaching and Learning about Disasters and Disaster Risk Reduction.” Journal of Geography Vol. 0, No. 0, hh.: 159–70. https://doi.org/10.1080/00221341.2020.1795225

https://www.tribun-maluku.com/2021/07/akibat-hujan-lebat-kota-ambon-alami-bencana-longsor-dan-banjir/

IRBI. 2022. Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2021. Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB(dalam https://inarisk.bnpb.go.id › BUKU IRBI 2021 (PDF))

Kusumo, Probo, and Evi Nursari. 2016. “Zonasi Tingkat Kerawanan Banjir Dengan Sistem Informasi Geografis Pada DAS Cidurian Kab. Serang, Banten.” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 1(1):29–38.

Lei Y, Cui P, Regmi AD, et al. (2018) An international program on Silk Road Disaster Risk Reduction – a Belt and Road initiative (2016-2020). Journal of Mountain Science 15(7). https://doi.org/10.1007s11629-018-4842-4

Nuzul, Muhammad, Mahmud Achmad, and Andang Suryana Soma. 2021. “Analisis Genangan Banjir Akibat Debit Puncak Di DAS Baubau Menggunakan HEC-RAS Dan GIS.” Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota 17(2):192–206.

Partini, D dkk. 2021. Earthquake Learning Media Development For Disaster Risk Reduction. Geoeco Journal Volume 7 No 1 Page 87-95. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/46791/pdf

Pattipeilohy, Daniel E. Pattiselano, August.E., Mardiatmoko, Gun. 2019. Resiliensi Masyarakat Terhadap Banjir (Studi Kasus Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau). AGRILAN : Jurnal Agribisnis Kepulauan Volume 7 No. 1 Februari 2019 hal 88-105

Pratiwi, and Ayler Beniah Ndraha. 2018. “Strategi Pengendalian Banjir Di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.” Jurnal MSDM 5(1):141–56.

PUSDALOPS BNPB. 2022. Laporan harian Pusdalops. https://pusdalops.bnpb.go.id/2022/08/05/laporan-harian-pusdalops-bnpb-kamis-02-agustus-2022/

Puspitarini, R.C. (2021). Perspektif Melihat Banjir Kalimantan Selatan Tahun 2021. JISIP, 1 (1): 1-14

Sandhyavitri, Ari dkk. 2015. Mitigasi Bencana Banjir dan Kebakaran. Riau: UR Press

Setiawicaksana, Nuralim, and Dwi Rahma Fitriani. 2021. “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Banjir Di Samarinda.” Borneo Student Research 2(2):921–27.

Somantri, Lili & Nurul Huda, 2013. Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 1. Jakarta: Grafindo Media Utama

Sopacua, Yustina & Selvianus, Salakay. 2020. Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon. Communicare : Journal of Communication Studies Volume 7 No. 1, June 2020, p 1 – 17 DOIhttps://doi.org/10.37535/101007120201

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

UNICEF. 2011. Disaster Risk Reduction in Education An Imperative for Education Policymakers. Bangkok : UNICEF & UNESCO

UNISDR, Terminologi Pengurangan Risiko bencana Indonesia, (bangkok: ADRRN, 2013)

UNISDR, 2015. Sendai Framework for Disaster Risk Reduction 2015-2030. http://www.preventionweb.net/files/43291_sendaiframeworkfordrren.pdf

USAID, 2017. Laporan Kajian Kerentanan dan Resiko Iklim Pulau Ambon dan Pulau Lease, 2017.

Wulandari, F., & Anitra, R. (2018). ANALYSIS DISASTER OF BOOKLET MEDIA OF PREPAREDNESS STUDENTS ABOUT DISASTERS IN SENIOR HIGH SCHOOL, SINGKAWANG CITY. Journal GeoEco, 4(2), 146–151.

Wulandari, F., Budijanto, B., Bachri, S., Utomo, D. H., Singkawang, I. P., & Wulandari, F. (2023). The relationship between knowledge and disaster preparedness of undergraduates responding to forest fires. Jàmbá - Journal of Disaster Risk Studies, 15(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.4102/ jamba.v15i1.1408

Wulandari, F., Khoirunisa, N., & Soeharta. (2020). Mitigation of The Impact of Abration. Sumatera Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 4(1), 59–62.

Wulandari, F., Santoso, S., & Sarwono, S. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPABUMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WEDI, KLATEN. GeoEco, 3(1). https://doi.org/10.2061/GE.V3I1.8978

Yudianto, Arif (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

Yu, Q.; Wang, Y.; Li, N. Extreme Flood Disasters: Comprehensive Impact and Assessment. Water 2022, 14, 1211. https://doi.org/10.3390/w14081211




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i2.3746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.