AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN TEBUIRENG DALAM PERSPEKTIF KH. A WACHID HASYIM

Najmuddin - Maya'ba

Abstract


Abstract. Kajian ini berfokus pada disiplin karakter. Fokus penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi delapan nilai karakter menurut perspektif KH. A Wachid Hasyim di Pesantren Tebuireng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tig acara yaitu, data collection, data reduction, conclusion. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah aktualisasi dari nilai-nilai karakter yang meliputi (1) Religius, (2) Toleransi, (3) Mandiri, (4) Demokratis, (5) Semangat Kebangsaan, (6) Cinta Tanah Air/Nasionalisme, (7) Bersahabat/Komunikatif, (8) Gemar Membaca/Literasi. Semua nilai tersebut sudah terlaksana dengan baik oleh para santri di Pesantren Tebuireng melalui sholat jama’ah di masjid lima waktu, kemudian praktik saling menghargai antar teman hingga terwujud ukhuwah Islamiyah yang kuat meskipun mereka berasal dari banyak daerah dan suku, pembiasaan hidup mandiri dengan mengatur waktu untuk setiap kegiatan yang padat, memiliki sikap demokratis yang terwujud dalam pemilihin ketua komplek ataupun ketua pengurus kamar, semangat kebangsaan yang terwujud melalui kegiatan-kegiatan kebangsaan dan didukung dengan istilah hubbul wathon minal iman, dan dengan fasilitas perpustakaan yang memadai sehingga meningkatkan minat baca para santri. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah terwujudnya delapan nilai karakter dengan dukungan dari para kiai maupun ustadz yang memegang teguh ajaran dalam al-qu’an dan hadits, meskipun dalam pelaksanaanya masih ada beberapa santri yang membutuhkan waktu adaptasi sedikit lebih lama.

Keywords: KH. A Wachid Hasyim, Karakter Santri, Pesantren Tebuireng


References


Alfurkan dan Marzuki, (2019), Penguatan Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Antikorupsi di Sekolah, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (4) 2, 224

Arpanuddin, Iqbal, (2016), Implementasi nilai sosial Ukhuwah Islamiyah di Pondok Pesantren, Yogyakarta, Jurnal Humanika Vol.16 No.1. 8-9

Chandra, Pasmah, Nelly Marhayati, Wahyu, (2020), Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu, Jurnal Pendidikan Islam At-Tadzkiyah, (11) 1, 118-119

Departemen Pendidikan Nasional, (2013) Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Hendrastomo, G. (2007). ‘Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern’. Jurnal Dimensia, 1(1): 1-11.

Hidayat, Sholeh, (2013), Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Husain, Ahmad (2017), Nilai-nilai Pendidikan Demokratis di Pesantren, (Skripsi), diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Impelentasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, Moh. Wahyu dan Adi Slamet Kusumawardana, (2020) “Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa”, Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, (7).1. 8

Lajim, Kandidus, (2022), Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin di Masa Covid-19, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, (7) 1, 20

Lickona, Thomas, (2013), Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Terj. Bandung : Nusa Media

Makmun, Rodli, 2014 Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren, P3M STAIN Press Ponorogo.

Mas’ud, Abdurrahman, (2006), Dari Haramain ke Nusantara: Jejak Intelektual Arsitek Pesantren, Jakarta: Kencana.

Muslih, Masnur, (2011), Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Muchlas Samani,. & M. S Hariyanto. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Rosda Karya.

Nofiaturrahmah, Fifi, (2014), Metode Pendidikan karakter di Pesantren, Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jurnal Pendidikan Agama Islam (9).2, 201-207

Prasetyo, Agus dan Bambang Sumardjoko, (2016), Penanaman Nilai Kebangsaan di Pondok Pesantren Khalafiyah, Jurnal Vidya Karya, (31) 1, 11-12

Rachmah, Huriah, (2013), Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Cimahi, E-Journal Widya Non-Eksakta,STKIP Pasundan Cimahi, (1),1, 5

Rifa’i, Mohammad. (2009), Wahid Hasyim Biografi Singkat 1914-1953. Yogyakarta: Garasi.

Rois, Nur, (2017), Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ungaran Timur Kabupaten Semarang, Semarang, Jurnal Pendidikan Agama islam Universitas Wahid Hasyim (5) 1, 118-119

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian

EvaShofiyullah Mz, (2014), Revitalisasi Humanisme Religius dan Kebangsaan KH. A Wachid Hasyim, Yogyakarta, Pesantren Tebuireng.

Shofiyullah Mz, (2014), KH. A Wachid Hasyim Sejarah, Pemikiran, dan Baktinya Bagi Agama dan Bangsa, Yogyakarta, Pesantren Tebuireng.

Susanto, Ahmad.(2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Supriyanto, Agung, (2020), Model Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Lingkungan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, (5) 1, 21

Syarnubi, (2013), Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pemikiran M. Quraish Shihab: Studi atas Tafsir Al-Misbah, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Teeuw, A, (1994), Indonesia:Antara Kelisanan dan Keberaksaraan, Jakarta: Pustaka Jaya.

Tillman, Diane. (2004). Living Values Activities for Young Adults. (Risa. P & Ellen Sirait,

Penerj.). Jakarta : Grasindo.

Ulfah, Z (2016) Manfaat Puasa Dalam Perspektif Sunnah Dan’, Manfaat Puasa Dalam Perspektif Sunnah Dan Kesehatan. (Skripsi) diambil dari http://repository.uinsu.ac.id

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogykarta: Pustaka Pelajar

Yin, R.K. (2015) .Studi Kasus:Desain & Metode Jakarta: Rajawali Pers

Zarkasyi, Abdullah Syukri,(1998) Langkah Pengembangan Pesantren dalam Rekontruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren Religiusitas Iptek,Yogyakarta, Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i2.3060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.