DETERMINASI MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN KOVARIABEL SIKAP MULTIKULTUR DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA

Ni Nyoman Lisna Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap prestasi belajar IPS dengan kovariabel sikap multikultur dan efikasi diri. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan metode eksperimen dengan desain single faktor independent groups design with use of covariate dan melibatkan 67 orang mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model resolusi konflik dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model resolusi konflik dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mengendalikan sikap multikultur. 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model resolusi konflik dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mengendalikan efikasi diri. 4) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model resolusi konflik dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mengendalikan sikap multikultur dan efikasi diri secara simultan. Mengacu pada temuan penelitian, direkomendasikan untuk menerapkan model resolusi konflik dalam pembelajaran IPS dengan mempertimbangkan sikap multikultur dan efikasi diri.


Keywords


resolusi konflik, Prestasi belajar IPS, Sikap multikultur, Efikasi diri

References


Ametay. (2015). Academic self-efficacy as a resilience factor among adjudicated girls International Journal of Adolescence and Youth, Vol. 20, No. 2, 202–227.

Anne.(1996). Should Students Have Constitutional Rights? Keeping Order in the Public Schools. University of Georgia School of Law.

Arends,R.(1998). Learning to Teach. Fourth Edition. Ney York: Mc Graw Hill.

Bandura, A.(1997). Social Foundation of Tought and Action A Social Cognitive Theory. New Jersey : Prentice- Hall inc.

Banks, J.A. (1995). Multiethnic Education: Theory and Practice, 3rd ed. Boston: Allyn and Boston. Bharati University.

Brewer Ann Jo.(2007). Introductioin to Early Children Education Preschool Trought Prymary Grades. Pearson: Allin and Bacon, 2007.

Bruning, James L. (1997). Computation Handbook of Statistics. America: Foresman and Company.

Dantes. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offect, 2012.

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge: Polity Press.

Hasan, H.(1996). Inovasi dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PPS IKIP Bandung.

Jordan S. Potash.(2015). Advancing Multicultural and Diversity Competence in Art Therapy: American Art Therapy Association Multicultural Committee 1990–2015. Journal of the American Art Therapy Association.

Lasmawan, Wayan.(2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

NCSS.(2004). Guidelines for Teaching About Science/Technology/Society in Social Studies: Education for Citizenship in the 21st Century.

Rosemary, N. New Learning Model. Journal of Scientific Education. Vol. 19 (February 2000): 45-51. http:/Rose.olam.asu.edu/epaa,2000.

Schement, J. R. (2002). Encyclopedia of Cpmmunication and Information (Volume 1). New York: McMilland Reference.

White, P. E. (1992). Women and Minorities in Science and Engineering: An update. Washington, DC: National Science Foundation




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i2.2940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.