MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI

Acil Ridwan, Erlinda Risa Nur Aulia, Siti Fadia Nurul Fitri, Husen Windayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berlakunya manajemen pembelajaran daring siswa di masa pandemic Covid-19. Karena dalam setiap pembelajaran adanya sebuah manajemen pembelajaran sangatlah penting. Meskipun pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, eksistensi manajemen pembelajaran tetaplah harus ada. Pada saat pandemic melanda, manajemen pembelajaran di Indonesia memerlukan banyak penyesuaian dengan kondisi pandemi. Pelaksanaan pembelajaran pun menjadi berbasis teknologi atau biasa disebut dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data StudiLiteratur. Dimana kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen pembelajaran di masa pandemic ini masih kurang optimal. Masih banyak kendala yang ditemui dalam pelaksanaannya.  alah satunya kendala yang dijumpai saat  pembelajaran daring. Solusi dari permasalahan yang ditemui adalah diperlukan adanya sosialisasi dan penyesuaian manajemen pembelajaran di masa pandemi ini


Keywords


Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Pandemi

References


Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 110.

Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berbasis blended learning. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 110-118.

Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Hendrik Palinggi, W. T. (2021). ANALISIS SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TATAP MUKA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 10(01), 21–27.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (n.d.). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform : Sebuah Gerakan Literasi Digital.

Irianto, M. (2020). MULTILITERACY : ALTERNATIVE LEARNING MODELS TO IMPROVE ECOLOGICAL LITERACY OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS. 17(9), 614–632.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Suryapermana, N. (2017). Manajemen pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. AnNidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 73-90.

Palinggi, H., & Tambunan, W. (2021). ANALISIS SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA KRISTEN RANTEPAO. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 21-27.

Puspitasari, Ayu, T. R. N. (2020). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elkatarie Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 439–458.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Research Repository UIN Maliki Malang, 1–4.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (n.d.). DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19.

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). EKSPLORASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DALAM. 5(2), 856–871.

SS, Y. S. D., & SE, M. (2013). Manajemen pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13).

Rizka Harfiani, M. H. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. SiNTESa .

Elvia. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi di SMA Negeri 6 Palopo. Skripsi .

Yusuf Tri Herlambang, Y. A. DKK. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatfrom : Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi .




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.