OPTIMALISASI PERKULIAHAN GEOGRAFI EKONOMI MELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN DARING SECARA SINKRON DAN ASINKRON DI MASA PANDEMI COVID-19

Dwi Partini, Wiclif Sepnath Pinoa

Abstract


Semenjak pandemi covid-19 pelaksanaan proses pembelajaran baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi telah bertransformasi dari pembelajaran luring menjadi daring. Muncul berbagai persoalan baru dalam pembelajaran salah satunya dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring itu sendiri yang seringkali kurang optimal. Pelaksanaan pembelajaran daring pada perkuliahan geografi ekonomi program studi Pendidikan geografi universitas pattimura terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dan juga dipengaruhi jaringan listrik terlebih untuk mahasiswa yang tinggal di daerah yang berada di pulau-pulau jauh dari pusat kota. Untuk mensiasati agar perkuliahan tetap terlaksana dengan optimal maka dilakukan pembelajaran daring kombinasi antara sinkron dan asinkron.

 


Keywords


covid 19, pembelajaran daring, sinkron, asinkron

References


Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Buselic, Marija (2012). Distance Learning – concepts and contributions. Oeconomica Jadertina 1/2012.

Farajollahi et all. 2010. A Conceptual Model For Effective Distance Learning In Higher Education. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE July 2010 ISSN 1302-6488 Volume: 11 Number: 3 Article 2

Fidalgo et al. 2020. Students’ perceptions on distance education: A multinational study. International Journal of Educational Technology in Higher Education (2020) 17:18 https://doi.org/10.1186/s41239-020-00194-2

Hrastinski, Stefan. 2008. Asyncronous and Syncronous e-learning. Educause Quarterly Number 4 2008 page 51-55

Khan, Salman (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Group. https://doi.org/10.1111/edth. 12072

King, F.B., Young, M., Drivere-Richmond, K., & Schrader, P. (2001). Defining Distance Learning and Distance Education. AACE Journal, 9, 1-14.

Leontyeva, Irina A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Education: Introduction Problems. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(10), em1578 ISSN:1305-8223 https://doi.org/10.29333/ejmste/92284

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 2 & 3 Tahun 2020 Tentang pencegahan dan penanganan corona virus disease (Covid-19) & Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19)

Monica dan Fitriawati (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume IX, No. 2, Juli – Desember 2020, hlm 1630 - 1640

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Sadeghi, Manijeh. 2019. A Shift From Classrom to Distance Learning: Advantages and Limitations. International Journal of Research in English Education (2019) 4:1 page 80-88

Saykılı, A. (2018). Distance education: Definitions, generations, key concepts and future directions. International Journal of Contemporary Educational Research, 5(1), 2-17

Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495

Watts, L. (2016). Synchronous and asynchronous communication in distance learning: A review of the literature. Quarterly Review of Distance Education, 17(1), 23–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.