PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Muh Fahrurrozi, Mohzana Mohzana, Mispandi Mispandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan menurut ahli materi dan desain, 3) mengetahui kelayakan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) yang di kembangkan menurut guru dan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar prakarya dan kewirausahaan untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). 2) Berdasarkan validasi ahli materi, bahan ajar yang telah dikembangkan ini memiliki kelayakan dengan kategori “sangat layak”. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keseluruhan sebesar (87,67). Sementara itu, berdasarkan hasil validasi kelayakan desain bahan ajar yang dikembangkan memiliki kualitas kelayakan dengan kategori “sangat layak”. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keseluruhan dari sebesar (91,66). 3) Berdasarkan penilaian guru, kelayakan produk bahan ajar yang telah dikembangkan berada pada kategori “sangat layak, dengan persentase 93,03. Sementara itu berdasarkan penilaian siswa, kelayakan produk bahan ajar yang telah dikembangkan berada pada kategori “sangat layak”, dengan persentase 87,18.


Keywords


Pengembangan Bahan Ajar, Prakarya dan Kewirausahaan, Kearifan Lokal.

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction.

Danaswari, R. W., Roviati, E., & Kartimi, K. (2013). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 9 Cirebon pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 93–110.

Fahrurrozi, M. (2015). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. PROSIDING.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Tinjauan Teoritis dan Praktik) (M. H. Dr. H. Khirjan Nahdi, Ed.). Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.

Fahrurrozi, M., & Pahrudin, P. (2021). Kewirausahaan (1st ed.; Roni Amrulah, Ed.). Retrieved from http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3052/1/Kewirausahaan.pdf

Gunawan, I. (2012). Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis Untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar Yang Cerdas Dan Berkarakter, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, Hlm, 50.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Mau, P., Nurchasanah, N., & Martutik, M. (2019). Kearifan lokal nusa tenggara timur sebagai sumber bahan ajar menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas xi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 668–673.

Nurvitasari, I. D. (2020). Manajemen Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 SAmbit). IAIN Ponorogo.

Pradani, R. F. E., Wahjoedi, W., & Sunaryanto, S. (2017). Konsep Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Situbondo Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Pada Siswa. National Conference on Economic Education.

Pratama, G. N. I. P., & Triyono, M. B. (2015). Peningkatan kualitas pembelajaran prakarya dan kewirausahaan melalui metode CLTSMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 313–324.

Rosala, D. (2017). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16–25.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Sari, U., -, H., & Falatehan, A. F. (2019). Strategi Meningkatkan Angka Harapan Hidup (Ahh) Melalui Alokasi Anggaran Kesehatan Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v8i1.24657

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Suparmini, S., Setyawati, S., & Sumunar, D. R. S. (2013). Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Wiranti, R. (2013). Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Melalui Prosmart (Program Sekolah Mustahik Entrepreneur Terpadu) di PKPU Semarang. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.