FENOMENA BULLYING ANTAR SISWA

Heryana Mardika Isman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying, faktor penyebab bullying dan upaya SMA Panca Bhakti Pontianak dalam menanggulangi masalah bullying antar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang terjadi adalah bullying fisik berbentuk pukulan, menghilangkan pulpen teman lain dan pemalakan, selain itu bullying verbal berbentuk sorakan dan pemanggilan nama khusus untuk siswa lain. Faktor penyebabnya adalah faktor keluarga, teman sebaya dan lingkungan sosial. Dan usaha SMA Panca Bhakti Pontianak dalam menanggulangi bullying antar siswa adalah menerapkan pengendalian sosial berupa preventif, dengan mengadakan kegiatan pengembangan diri siswa dan sosialisasi tata tertib. Sedangkan pengendalian sosial represif dengan memberikan peneguran secara lisan dan membuat pernyataan untuk memperbaiki diri. Selain itu pengendalian sosial kuratif dilakukan teguran secara tertulis berupa pemanggilan orang tua, apabila si bully masih saja melakukan bullying maka akan di skors 3 hari, 7 hari dan bahkan bisa di kembalikan kepada orang tua atau keluarkan dari SMA Panca Bhakti Pontianak, dengan terlebih dahulu memperhatikan pertimbangan-pertimbangan yang memberatkan dan meringankan.

Keywords


Bullying, Siswa, Pengendalian Sosial

Full Text:

PDF

References


Anto, Juli. 2010. Pengendalian Sebagai Upaya Mencegah Penyelewengan Norma di Masyarakat. Jakarta Timur: CV Rama Edukasitama

Indrawan, A. F. 2017. KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017. https://news.detik.com/berita/d-3670079/kpai-terima-aduan-26-ribu-kasusbully-selama-2011-2017Diakses pada Tanggal 22 Januari 2019.

Priyatna, A. 2010. Let’s End Bullying Memahami, Mencegah, Mengatasi Bullying. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Prasetyo, Ahmad Baliyo Eko, 2011. ‗Bullying Di Sekolah Dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak, Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi, IV.

Saputra, E. 2017. Kemensos: Bullying Harus Diselesaikan dengan Secara Mendidik. https://www.merdeka.com/pendidikan/kemensos-bullying-harus-diselesaikandengan-secara-mendidik.htmlDiakses pada Tanggal 22 Januari 2019.

Sarwono, Sarlito.W. 2017. Teori-teori Psikologi Sosial. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama

Sutarjo, Adisusilo. 2011. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying, Humanitas Vol. X No. 1.

Wiyani, N. A. 2014. Save Our Children From School Bullying. Djogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.