PERAN YAYASAN NANDA DIAN NUSANTARA DALAM MEMENUHI PENDIDIKAN ANAK KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DI KALIMANTAN BARAT

Zuri Astari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Yayasan Nanda Dian Nusantara (YNDN) dalam memenuhi pendidikan anak korban pelecehan seksual di Kalimantan Barat. Dari hasil penelitian didapatkan jumlah kasus pelecehan seksual terhadap anak yang sudah ditangani YNDN dalam 3 tahun terakhir sebanyak 239 kasus, terhitung dari Januari 2017 hingga April 2019. Dari 239 kasus, anak yang menjadi korban pelecehan seksual adalah anak-anak yang masih sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data wawancara dan dokumentasi. Dalam wawancara, peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap  informan yaitu pengurus YNDN dan anak-anak korban pelecehan seksual. Teknik dokumentasi yang digunakan peneliti berupa data-data kasus pelecehan seksual, profil Yayasan Nanda Dian Nusantara serta cacatan lapangan yang didapat selama penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan sejak awal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa berdasarkan data-data yang diperoleh membuktikan di Kalimantan Barat kasus pelecehan seksual terhadap anak cukup tinggi, korbanya adalah anak yang masih bersekolah.Salah satu peran YNDN yang lebih utama adalah memenuhi pendidikan anak dengan mengembalikan anak ke sekolah sehingga anak yang menjadi korban pelecehan seksual tidak putus sekolah. Terdapat sekitar 60 anak yang dibiayai sekolah oleh YNDN dan tersebar diseluruh wilayah Kalimantan Barat, dengan dana yang bersumber dari sumbangan relawan, partisipasi masyarakat, tokoh masyarakat dan keringanan dari pihak sekolah.


Keywords


Pelecehan Seksual, Anak, Yayasan

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Creswell. (2015). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). California: Sage Publications

Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hurairah, Abu. (2012). Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nuasa Press

Ivo Noviana. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak : Dampak dan Penanganannya..Jurnal. Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI.

Mark Yantzi. (2009). Kekerasan Seksual dan Pemulihan: pemulihan bagi Korban, Pelaku danmasyrakat (Sexual Offending and Restoration). Jakarta: Gunung Mulia

Moleong. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhammad Arifin. (2010). Hubungan Timbal Balik Pendidikan agama, Lingkungan Sekolah dan Orang Tua Murid. Jakarta: PT Bulan Bintang

Sari, A. P. (2009). Penyebab Kekerasan Seksual Terhadap Anak dan Hubungan Pelaku dengan Korban. Diunduh dari http://kompas.com/index.php/read/xml/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.