Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap: Kompetensi Sikap Siswa, Kompetensi Pengetahuan Siswa, Dan Kompetensi Keterampilan Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Di SMA N 1 Sentolo

Dyah Indraswati Indraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap: (1) kompetensi sikap siswa, (2) kompetensi pengetahuan siswa, dan (3) kompetensi keterampilan siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X di SMA N 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik simple random sampling dilakukan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sedangkan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Pengumpulan data menggunakan tes, penilaian diri dan penilaian antar teman serta lembar pengamatan diskusi dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap: (1) kompetensi sikap siswa, (2) kompetensi pengetahuan siswa, (3) kompetensi keterampilan siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X di SMA N 1 Sentolo.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kompetensi sikap, Kompetensi pengetahuan, Kompetensi keterampilan

Full Text:

PDF

References


Etin Solihatin & Raharjo. (2007). Kooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Gillies, R. M. (2009). Cooperative Learning Integrating Theory and Practice. U.S.A: Sage publications.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jarrard, R. D. (2001). Scientific Methods. New York: Dept. Geology and Geophysics, University of Utah.

Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Peratran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014, tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Maheady, L. Et.al. (2006). The Effects of Numbered Heads Together with and Without an Incentive Package on the Science Test Performance of a Diverse Group of Sixth Graders. Journal of behavioral education March 2006, volume 15, issue 1, pp 24-38.

Makharani Dalimunte. (tanpa tahun). Pembentukan Karakter dan Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengintegrasian Strategi dan Media Pembelajaran Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal. Medan: Universitas Negeri Medan.

McLelland, C. V. (2006). The Nature Of Science and the Scientific Method. Amerika: The Geological Society Of America.

Moore, K. D. (2015). Effective Instructional Strategies From theory to practice (fourth edition). United State of America: SAGE.

Mudhafier. (1987). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Karya.

Ridwan Abdullah Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tukiran Taniredja. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JRAE (Journal Research and Analysis: Economy)

e-ISSN: 2597-6591

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jrae@journal.stkipsingkawang.ac.id/ Wa: +6282153840062

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JRAE (Journal Research and Analysis: Economy) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.