Kesantunan Berbahasa Mahasiswa pada Dosen dalam Wacana Komunikasi Whatsapp di STABN Sriwijaya

Suntoro Suntoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa mahasiswa pada dosen melalui Whatsapp. Metodologi penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian yaitu gaya bahasa dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa WhatsApp. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis datanya menggunakan metode normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa komunikasi mahasiswa terhadap dosen berbasis jejaring sosial WhatsApp cenderung mengabaikan kaidah tata bahasa yang benar. Dari aspek gramatikal ditemukan gejala elipsis dan kata depan unik. Pada aspek leksikal ditemukan gaya language mixing dan bahasa gaul. Pada aspek grafologi ditemukan clipping, sound addition, dan coinage. Sementara itu, dalam wacana komunikasi berbasis jejaring sosial WhatsApp mahasiswa mampu mematuhi prinsip kesantunan berbahasa meliputi prinsip kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, kecocokan, dan kesimpatian. Meskipun demikian, juga ditemukan pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip kesantunan berbahasa komunikasi berbasis jejaring sosial WhatsApp.


Keywords


kesantunan berbahasa; komunikasi WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Adriana, Iswah. (2014). Analisis Bahasa SMS Mahasiswa STAIN Pamekasan Terhadap Dosen Menurt Prinsip Kesantunan Leech. Jurnal Nuansa, Vol. 11 Nomor 1 Januari – Juni 2014, hlm. 53-76.

Al Amin. (2015). SMS Kurang Ajar Mahasiswa Bikin Kita Senyum-Senyum: (Online) diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/sms-kurang-ajar-mahasiswa-ke-dosen-bikin-kita-senyum-senyum.html pada 16 Februari 2018.

Brown dan Levinson. (2010). Kesantuan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, Budi. (2013). Multimodality: Menafsir Verbal, Membaca Gambar, dan Memahami Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 13 Nomor 1, hlm. 22-31.

Karimah, El Kismiyati dan Uud Wahyudin. (2010). Filsafat dan Etika Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Leech, Geoffrey. (2015). Principle of Pragmatics. Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Oka. Jakarta: UI Press.

Markhamah, dkk. (2011). Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ralie, Zoraya. (2017). Etiket Mahasiswa terhadap Dosen: (Online), diakses dari https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/etiket-mahasiswa terhadap-dosen tanggal 16 Februari 2018.

Watie, Errika Dwi Setya. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, Volume III, Nomor 1, Edisi Juli 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i1.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.