Pelanggaran Maksim pada Tuturan Remaja Perempuan Yatim: Kajian Psikopragmatik

Alfian Rokhmansyah, Purwanti Purwanti, Nur Ainin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk pelanggaran maksim yang dilakukan seorang remaja perempuan yatim dan faktor-faktor yang memengaruhi tuturannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus. Pemaparan data dilakukan secara deskriptif. Objek penelitian (OP) adalah seorang remaja perempuan yatim berusia 21 tahun. Data utama penelitian adalah tuturan dalam kegiatan tindak tutur sehari-hari dari OP. Sedangkan data sekunder berupa identitas diri OP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran maksim yang dilakukan OP, yaitu (a) maksim kearifan, (b) maksim kedermawanan, (c) maksim pujian, (d) maksim kerendahan hati, dan (e) maksim kesepakatan. Adapun faktor yang memengaruhi cara berbahasa OP, yaitu (a) kurang mendapat perhatian menyebabkan bentuk tuturan OP condong kasar, (b) posisi sebagai anak sulung dalam keluarga disiplin rendah menyebabkan OP berani mengungkapkan gagasan secara bebas, dan (c) kehilangan sosok teman diskusi menyebabkan OP selalu berusaha mencari teman diskusi untuk mengetahui suatu hal ataupun menyelesaikan masalah.


Keywords


psikopragmatik; pelanggaran maksim; tuturan; remaja perempuan yatim

Full Text:

PDF

References


Adriana, I. (2008). “Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak dalam Konteks Pendidikan”. Tadris, 3(1), pp. 106—120. Retrieved from http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/229

Ahmadi, A. & Jauhar, M. (2015). Dasar-Dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ali, M. & Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Leech, G. (2015). Prinsip-Prinsip Pragmatik.. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Mainizar. (2013). “Peranana Orang Tua dalam Pembinaan dan Pengembangan Bahasa pada Anak Usia 2-6 Tahun”. Marwah, 17(2), pp. 91—105. DOI:10.24014/marwah.v12i1.516.

Nadar, F. X. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohmadi, M. (2016). “Kajian Psikopragmatik pada Tindak Tutur Meminta Mas Yuma dan Mas Briliant pada Ranah Keluarga Yuma Perkasa Group”. Prosiding Prasasti, pp. 95—103. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/462

Sarwono, S. W. (2016). Psikologi Remaja (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i1.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JP-BSI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpbsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285654979763

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.