Wacana Percakapan Mappitu Etnis Bugis Wajo Sulawesi Selatan, Indonesia Pendekatan Etnografi Komunikasi

Juanda Juanda, Azis Azis

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh tergerusnya budaya lokal. Mappitu sebagai proses mengundang tamu kehormatan tujuh hari sebelum acara pernikahan dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian prosesi pernikahan pada suku Bugis. Tujuan penelitian ini menganalisis bentuk dan isi percakapan mappitu etnis Bugis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari dialog lisan  tuturan masyarakat Bugis di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan  dengan  menggunakan metode observasi partisipan. Pengambilan data dengan teknik perekaman. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan pendekatan etnografi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk tuturan dalam  undangan mappitu berbentuk frosen. Pada undangan pihak yang mengundang saja yang menggunakan bahasa genre undangan  mappitu, frozen dengan menggunakan pakaian adat. Pihak yang diundang menggunakan percakapan sehari-hari. Genre mappitu adalah dialog  lisan. Undangan mappitu dalam penelitian ini mencapai hasil yang diharapkan karena tamu kehormatan yang diundang secara mappitu menghadiri pesta pernikahan. Mappitu memiliki unsur: Setting: bola arung ’rumah bangsawan’ partisipan tujuh orang berpakaian adat dan seorang tuan rumah, ends: mengudang, act: mappacci, akad nikah, dan maparola, key: formal, norma: sipakatau, dan genre: mappitu.


Keywords


etnografi; analisis percakapan; Bugis.

Full Text:

PDF

References


Afful, Isaac.(2017).” An Ethnography of Communication: Viva Voce in a Ghanaian University.” International Journal of Language and Linguistics. 5(5), 127-134.

Azis dan Juanda. (2017). “Kohesi Gramatikal: Kajian Keutuhan Wacana Tugas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.”BAHASA DAN SENI, 45(2), 170-180.

Azis dan Juanda. (2018). ”Deixis of Narration: Research at the Student Education Indonesian Language an Literature, Faculty of Language and Literature, State University of Makassar.” ISLLE 2017 the 1st Internatioanl Seminar on Language, Literature and Education, Vol. 2018, 212-217

Balboni, Paolo E. and Fabio Caon. (2014). “A Performance-oriented Model of Intercultural Communicative Competence.” http://www.immi.se/intercultural/nr35/balboni.html,

Dowlatabadi , Hamidreza and Leyli Jorfi.(2015). “A Sociocultural Perspective on Everyday Interactions Stressing Grammatical vs. Communicative Competence: The Case of Iranian Taxi-discussions.” Theory and Practice in Language Studies, 5( 8), 1652-1658.

Garde, Murray. (2013). Culture Interaction an Person Reference in an Australian Language, vol. 11. Amsterdam: John Benyamin Publishing Company.

Halliday, M.A.K.(1984). Language as Social Semiotic, Victoria: Edward Arnold.

Hymes, Hymes. (1972). “Toward Ethnographies of Communication: The Analysis of Communicative Events.” In P. Giglioli (ed.), Language and Social Contex. 21-43.Harmondsworth: Penguin,

Hymes,D.(1974).Foundation in Sociolinguistics An Ethnographic Approach, Philadelphia:Pensylvania Press.

Juanda,Juanda.(2010).”Peranan Pendidikan Formal dalam Proses Pembudayaan.” Lentera Pendidikan, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,13(1),1-15.

Juanda, Juanda. (2011). Analisis Wacana. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kundharu, Saddhono. (2013). “The Language Usage in The Discourse of Friday Preaching.” KARSA, 21( 2), 237-254.

Madyananda, Ulinnuha dan Umi Yaryati. (2017). ”Nilai Pendidikan Novel Padang Bulan serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 63-68.

Nevins, M.Eleanor. 2013. "Grow with That, Walk with That": Hymes, Dialogicality, and Text Collections.” Journal of Folklore Research, 50, (1), 79-116. Published by Indiana University Press.

Pasalo, Alessadra. 2015.” The Value of Conversation Analysis for the Study of Children’s Mental Health,” in The Palgrave Hanbook of Child Mental Health: Discourse and Conversation Studies, Michelle and Jessica Nina Lester (eds.). US: Palgrave Macmillan.

Renkema, Jan.Discourse Studies, An Introductory Textbook, Amsterdam: John Benyamins Publishing Company, 1993.

Reyaz, Aiman dan Priyanka Tripathi . 2016. ”How Cultures Talk: A Study of Dell Hymes’ Ethnography of Communication.” Journal of Humanities and Cultural Studies R&D. 1-10.

Sandel,Tod L.. 2015. Dialects. The International Encyplopedia of Language and Social Interaction, Karen T. Cornelia I, Todd S. (Eds.).John Walet Sons Published.

Schiffrim, Deborah.Approaches to Discourse, Massachusetts: Blackwell, 1994.

Smith, Daniel Lynwood. 2012. The Rhetoric of Interruption: Speech-Making, Turn-Taking, and Rule Breaking in Luke-Acts and Ancient Greek Narrative. Boston: De Gruyter

Wiratno, Tri. 2010. “Analisis Percakapan Terhadap Drama Kapai-Kapai Karya Arifin C. Noer.” Kajian Linguistik dan Sastra, 22(1), 117-132.

Yang, Wei Dong. 2007. “ Realization of Turn-Taking in Conversation Interaction.” US-Foreign Language, 5(8), 19-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpbsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285654979763

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.