Persepsi Pendidik dan Peserta Didik terhadap Pengembangan Buku Bacaan Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Moral bagi Peserta Didik SMP Kelas VII

Amalia Fajriyyatin Najichah, Agus Nuryatin, Mimi Mulyani

Abstract


Buku bacaan sebagai salah satu buku nonteks pelajaran seringkali tidak digunakan secara maksimal dalam proses pendidikan di sekolah. Padahal, dengan adanya gerakan literasi sekolah (GLS) saat ini, justru keberadaan buku bacaan sangat diperlukan sebagai kebutuhan utama bagi peserta didik. Tidak hanya itu, buku bacaan juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran tertentu untuk menambah pengetahuan yang tidak dapat diperoleh peserta didik dari  buku teks pelajaran. Salah satu contohnya adalah buku bacaan cerita fantasi bermuatan nilai moral yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran teks cerita fantasi untuk siswa SMP Kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pendidik dan peserta didik terhadap adanya pengembangan buku bacaan cerita fantasi bermuatan nilai moral. Penelitian dengan desain kualitatif deskriptif ini menunjukkan hasil bahwa, keberadaan buku bacaan cerita fantasi bermuatan nilai moral sangat diperlukan dalam menunjang proses pembelajaran teks cerita fantasi. Selain itu, nilai moral yang terkandung dalam cerita fantasi dapat digunakan sebagai sarana pembentukan nilai moral bagi peserta didik.


Keywords


buku bacaan; cerita fantasi; nilai moral

Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kleden, Ignas. (2004). Sastra Indonesia dalam Enam Pertanyaan; Esai-Esai Sastra dan Budaya. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Rumini, Sri dan Siti Sundari. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wilshin, Mark. (2010). Fiksi Sains dan Fantasi. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Wijaya, Priska. (2013). “Perancangan Buku Ilustrasi Anak Berjudul Kerajaan Fantasi Indonesia Betema Gotong Royong”. Tesis. Universitas Kristen Petra.

Stewing, J.W. (1980). Children and Literature. Chicago: Mc. Nally Collage Publishing Company.

Majid, Abdul Aziz Abdul. (2013). Mendidk dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiningsing, C. Asri. (2013). Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, S.D., dan Y.S.D. Gunarsa. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6285747889416

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.