Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Tuturan Diskusi Kelas Bahasa Indonesia

Mulya Tiara Fauziah, Emzir Emzir, Ninuk Lustyantie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan diskusi kelas Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Kemudian menemukan pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan diskusi kelas bahasa Indonesia dan dianalisis sesuai teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelanggaran maksim kuantitas sebanyak 7 tuturan (16%), (2) pelanggaran maksim kualitas sebanyak 5 tuturan (12%), (3) pelanggaran maksim relasi sebanyak 17 tuturan (39%), dan (4) pelanggaran maksim cara sebanyak 14 tuturan (33%). Tuturan-tuturan dalam diskusi kelas bahasa Indonesia yang melanggar prinsip kerja sama ini menjadikan tidak terjalinnya komunikasi yang baik sehingga diskusi yang terjadi kurang efektif. Hal ini dipicu karena beberapa hal seperti adanya rasa kurang percaya diri dari penutur atau lawan tutur, ingin menunjukan kelucuan yang membuat suasana diskusi menjadi tidak monoton, kurang paham dan tidak tuntasnya di dalam memberikan tanggapan saat berdiskusi.


Keywords


prinsip kerja sama; diskusi

Full Text:

PDF

References


Gunarwan, Asim.. (2007) Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Herniti, Ening. (2015). Ketaatan dan Pelanggaran Iklan Televisi Terhadap Prinsip Kerja Sama. (Http://Journal.Uinjkt.Ac.Id/Ind ex. Php/Dialektika/Article/View/36 24, diakses Desember 2017).

Kippendoff, Klaus. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Metodology California, London. New Delhi: Sage Publication.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik, terjemahan Dr. M.D.D. Oka, M.A. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nadar F X. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tri Endarwati. (2015). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Grice dalam Film Animasi A Monstre A Paris karya Dibo Bergeron (Kajian Pragmatik), Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardi, Kunjana. (2007). Perkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Sulistyowati, Winda. (2014). “Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan dalam Film Petualangan Sherina Karya Riri Riza”. Skripsi. Universitas Airlangga.

Wijana I Dewa Putu dan Rohmadi. (2010). Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpbsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285654979763

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.