Penerapan Media Belajar Digital Story Jumper terhadap Kreativitas Menulis Antologi Puisi Siswa SMA Santun Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Media Digital Story Jumper dalam proses penulisan antologi puisi oleh siswa SMA Santun di Kota Pontianak. Bentuk Penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XII IIS SMA Santun Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik questioner/angket, dan dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data angket/questioner siswa kelas XII IIS SMA Santun Pontianak penerapan media pembelajaran digital Story Jumper dikategorikan “Baik”. Penerapan Media Digital Story Jumper oleh siswa SMA Santun Memudahkan dalam pembuatan puisi, dapat dilihat dari hasil angket siswa merasa media Story Jumper memiliki fitur-fitur yang bervariasi dalam membuat puisi jadi lebih menarik, beberapa diantaranya yang membuat siswa senang menggunakan aplikasi ini Story Jumper memiliki fitur gambar, latar belakang dan suara, sehingga puisi yang mereka buat terasa hidup. Walaupun siswa baru pertama kali menggunakannya, tetapi siswa merasa media Story Jumper mudah untuk mengaplikasikanya. Dari hasil angket diyakini bahwa membuat puisi dengan media digital Story Jumper dapat membuat siswa lebih kreatif. Selanjutnya media pembelajaran digital Story Jumper dapat diterapkan pada mata Pelajaran Menulis, berbicara, membaca dan menyimak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, H., Karyatun, S., & Digdowiseiso, K. (2023). The Influence of Product Quality, Price Perception, and Promotion on The Purchase Decision of Aqua Brand Drinking Water in The Jakarta Area Final Project. Jurnal Syntax Admiration, 4(4), 517–530. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i4.833.
Arviyana, M., Syahrul, R., & Tessyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 183–191.
Azizah, Nur. 2015.“Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Waleri Kendal Tahun Pelajaran 2015-2016”, Skripsi Fakultas.
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Capaian pembelajaran tertuang dalam SK BSKAP Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendikbud,(2013).https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Mendikbud%20pada%20Workshop%20Pers.
Krisnawati (2021) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Konsep Mol dan Korelasinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
Latif, Abdul D. H. (2012). Pendidikan berbasis nilai kemasyarakatan.. Bandung: PT. Refika. Aditama.
Mursini. 2002. Apresiasi dan Pembelajaran Sastra Anak-Anak. Bandung: Angkasa
Nafiah, F. (2018), Kenali Demam Tifoid dan Mekanismenya. Deepublish.
Nursalim, M & Naqiyah, N. (2020). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. PT. Indeks.
Prayitno, (2013), Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta. Jakarta.
Tarmizi & Hossain. (2013). Effects of cooperative learning on students’ achievement and attitudes in secondary mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 93(2013). hlm. 473-477.
Tabelessy, N. (2020). Keterampilan Berbicara Berbasis Metode Ekstemporan Bagi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 17(1), 8–15.
Ulfah, Fahjriati. (2017). Penerapan Model Problem Solving Pada Materi Reaksi Redoks Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar.Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Waluyo. (2008). Manajemen dan Organisasi : Dalam Realita Kehidupan. Jakarta: Pustaka Alkautsar.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v9i2.6656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6285747889416
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.