Strategi Pengajaran Jarak Jauh (PJJ) BIPA di Kazakstan dan Tajikistan

Saprudin Padlil Syah, Syamsi Setiadi, Saifur Rohman

Abstract


Salah satu skema yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) pada 2020 adalah Pengajaran Jarak Jauh BIPA (PJJ BIPA). Melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nur Sultan, Badan Bahasa memberikan fasilitasi PJJ BIPA untuk Kazakstan dan Tajikistan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh pengajar BIPA pada program PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan. Sumber data dari penelitian ini adalah rekaman PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan pada 24 April—31 Juli 2021, laporan pengajar, dan pengajarnya sendiri. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan mengombinasikan metode observasi, teknik catat, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis diketahui bahwa strategi yang digunakan pengajar dalam PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan meliputi beberapa hal berikut 1) pendekatan yang digunakan pengajar adalah pendekatan berbasis teks. 2) Tahapan yang digunakan pengajarannya meliputi building knowledge of the field, modelling, joint construction, dan independent construction. 3) Metode yang digunakan adalah metode terjemahan, metode langsung, dan metode komunikatif. 4) PJJ BIPA dilaksanakan secara sinkronus dan asinkronus. 5) Media yang digunakan berupa media berbasis TIK seperti Padlet, Wordwall, LearningApps, Wheelofnames, dan Schoology serta permainan berbasis TIK. 6) Bahan ajar yang digunakan adalah Buku Sahabatku Indonesia tahun 2019 serta bahan ajar video dan audio.


Keywords


BIPA; PJJ BIPA; strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amarta, R., Palupi, D., & Pengembangan, P. (2020). STRATEGI AKOMODASI KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Communication Accommodation Strategy in Indonesian Language Learning Process PENDAHULUAN Strategi akomodasi komunikasi telah diterapkan dalam bidang pembelajaran sejak lama seperti t. 9(2), 341–357.

Bahasa, B. P. dan P. (2023). Laporan Kinerja Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 2022. In Nucl. Phys. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/dokumen-detail/14

Bahasa, P. P. dan P. (2023). Laporan Kinerja Pusat penguatan dan pemberdayaan bahasa tahun 2022. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/dokumen-detail/14

Bahri, S., & Zain, A. (2005). Strategi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Bhuiyan, S. H. (2010). E-Government in Kazakhstan: Challenges and its role to development. Public Organization Review, 10(1), 31–47. https://doi.org/10.1007/s11115-009-0087-6

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. California Longman.

Celce-Murcia, M., & Olshtain, E. (2006). Discourse and context in language teaching: A guide for language teachers. Oxford Univeristy Press.

Darmawan, E. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Asynchronous Dalam Perancangan Aplikasi Simulasi Panduan Pecinta Alam [Implementation of Asynchronous Learning Model for the Design of a Nature Lover’s Guide Simulation Application]. Jurnal Cloud Information, 3(2), 13–19.

Dick, W., & Carey, L. (1994). The Systematic Design of Instruction. Harper Collion Publishers.

Dursun, T., Oskaybaş, K., & Gökmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1133–1151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.441

Emilia, E. (2016). Pendekatan Berbasis Teks (Genre-Based Approach) dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk Guru. Bandung: PT Kiblat.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchonous dan Asynchronous dalam E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(April), 68–76.

Feez, S. (1998). Text-Based Syllabus Design. Sydney: NCELTR Macquarie University.

Fitriani, F., & Safithry, E. A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Rebt Untuk Mengunrangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 22–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.502

Foroughi, P. (2002). Tajikistan: Nationalism, Ethnicity, Conflict, and Socio-economic Disparities--Sources and Solutions. Journal of Muslim Minority Affairs, 22(1), 39–61. https://doi.org/10.1080/13602000220124827

Haidir, H., & Salim, S. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN.pdf. In Strategi Pembelajaran (Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif) (p. 167).

Hakim, M. L. (2017). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB Arabi : Journal of Arabic Studies. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 156–162. http://journal.imla.or.id/index.php/arabi

Halliday, M. A. K. (2004). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

Hernina, H. (2020). Kemampuan pengajar BIPA dalam menjelaskan konsep pemahaman antarbudaya pada Laporan Pelaksanaan Tugas Tenaga Pengajar BIPA wilayah ASPASAF masa tugas 2015-2018. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 2(1), 28–35.

Holmgren, R. (2012). Preparations for Practical Exercises in Vocational Education: Can ICT-based Distance Instruction be an Alternative to Face-to-face Instruction? An Empirical Contribution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1152–1161. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.266

Hudha, M. N., Chaeruman, U. A., Aji, S. D., Huda, C., Yusro, A. C., Kumala, F. N., Wartono, W., Nandiyanto, A. B. D., & Abdullah, A. G. (2018). SPADA: Online learning between universities of PGRI Indonesia. MATEC Web of Conferences, 197, 1–6. https://doi.org/10.1051/matecconf/201819703002

Idris, A. R. (2021). INDONESIAN LEARNING WITH A GENRE-BASED APPROACH FOR BIPA STUDENTS AT SOUSSE UNIVERSITY, TUNISIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN GENRE-BASED APPROACH BAGI PEMELAJAR BIPA DI Bahasa : Jurn. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021) (Hal: 112 - 126) Bahasa:, 3(2), 112–126.

Kemdikbud.go.id. (2021). KBRI Kairo Apresiasi 30 Pemelajar Berprestasi dan 6 Pegiat Bahasa Indonesia Asal Mesir. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2021/10/Kbri-Kairo-Apresiasi-30-Pemelajar-Berprestasi-Dan-6-Pegiat-Bahasa-Indonesia-Asal-Mesir.

Maharany, E. R. (2020). Pengembangan silabus pengajaran BIPA berbasis teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4743(2), 80–87.

Martin, J. R. (1997). Analysing Genre: Functional Parameters. Dalam Christie and J. R Martin (eds) Genre and Institutions: Social Processes in the Workplace and School. London: Cassell.

Martin, J. R. (2010). Semantic variation modelling system, text and affiliation in social semiosis. Dalam Bednaarek, M. dan J. R. Martin (eds) New Discourse on Language: Funtional Perspectives on Modality, Identity and Affiliation. London: Continuum, 1--34.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Penerbit Prenada Media.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Okitasari, I. (2019). Evaluasi laporan pelaksanaan tugas tenaga pengajar BIPA wilayah ASEAN 2 masa tugas 2015-2018. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 89. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1874

Prafitasari, A. N. (2015). SEMINAR NASIONAL FISIKA DAN PEMBELAJARANNYA 2015 Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation). 4–11.

Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (Essex: Lon).

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol. 20, No. 01 (2018), 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Roza, Y. (2009). Strategi Belajar. Angkasa.

Sanjaya, W. (2016). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher Responsibility in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 544–550. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.042

Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213

Soedijarto. (2000). Pendidikan Nasional, Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Membangun Peradaban Negara Bangsa, Sebuah Usaha Memahami Makna UUD 1945. Penerbit CINAPS.

Suparman, M. A. (2004). Desain Instruksional. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Suranto, B. (2019). VIRTUAL Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis synchonous e-learning. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2019(Snati), 78–86.

Syah, S. P. (2023). Hambatan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Jenjang SMA di Jawa Barat. Indonesian Journal of Applied Linguistics Review Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Ijalr/Index Vol., 4(1), 29–42.

Syah, S. P., Setiadi, S., & Ansoriyah, S. (2023). Interferensi Fonologi Pemelajar India dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(1), 91–99. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bipa/article/view/5884/2074

Wangi, W., Inayah, A., & Hasibin, N. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON OLEH DOSEN PENGAJAR MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) BAHASA INGGRIS. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora P-ISSN: 2808-9650 e-ISSN: 2808-9219 399, Vol.1, No., 399–416.

Warsita, B. (2018). Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XIII(1), 064–076. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.440

Winarti, A. (2007). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Untuk Mengatasi Heterogenitas Kemampuan Siswa Di Kelas X Sman 2 Banjarmasin. 75–87.

Yunanto, A. A., Herumurti, D., Rochimah, S., & Kuswardayan, I. (2019). English education game using non-player character based on natural language processing. Procedia Computer Science, 161, 502–508. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.158

Yuniarti, F., & Rakhmawati, D. (2021). Studi Kasus: Game Digital “Kahoot” dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 46–59.

Yunica, E., Effendi, F. P., & Nuraprilia, S. (2022). Efektivitas Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10323–10329. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4043%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4043/3388




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v9i1.5355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.