Penerapan “Katalog Elektronik” dalam Optimalisasi Peran Taman Bacaan Masyarakat Kota Pontianak untuk Menumbuhkan Minat Baca

Yuyun Safitri, Muhammad Zikri Wiguna, Saptiana Sulastri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi penerapan "Katalog Elektronik" dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kota Pontianak dengan memfokuskan peran taman bacaan sebagai pusat informasi dan pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan data yang mencakup persepsi masyarakat terhadap minat baca, tantangan aksesibilitas bahan bacaan, serta tanggapan terhadap konsep "Katalog Elektronik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi ini dapat efektif meningkatkan akses terhadap beragam materi bacaan dan memfasilitasi pencarian informasi yang relevan, sehingga memperkuat peran taman bacaan sebagai pusat komunitas yang dinamis dan interaktif dalam mengembangkan minat baca di lingkungan masyarakat Kota Pontianak.


Keywords


katalog elektronik; taman bacaan; minat baca

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2009. Metodelogi Penelitian, Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

--------------. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Basuki, Sulistyo (2014). Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka. Diakses dari https://pustaka.ut.ac.id/lib/pust2227-pengantar- ilmu-perpustakaan/#tab-id-3

Darmadi, Hamid. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Ikhsanudin, I. (2019). Chief editor’s epilogue: toward a more creative education. JELTIM (Journal of English Language Teaching Innovations and Materials), 1(2), 100-101. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JELTIM/article/view/36969.

Ismawati, E. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Surakarta: Yuma Pressindo.

Junaedi, A. (2013). Metode Penelitian Sosial: Konsep dan Aplikasi. Pustaka Setia.

Kusumaningrum, D. (2012). Pengantar Teknik Analisis Isi. PT Raja Grafindo Persada.

Kadarisman, M. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Rosada.

KBBI Daring. (2016). Komunitas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komunitas

Krisnawati, E. (2021). Menanamkan Kiat Gemar Baca Buku, Simak 5 Komunitas Buku Ini.Goodnewsfromindonesia. Diakses dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/05/05/menanamkan-kiat-gemar-baca-buku- simak-5-komunitas-buku-ini

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan

Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Lestari, S. B. (2015). Manajemen Informasi dan Teknik Dokumentasi. Graha Ilmu.

Lie, A. (2013). Mengukir Prestasi Tanpa Keliru: Panduan Menjadi Pelajar Cemerlang. Kompas Gramedia.

Loisa, R. (2016). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah: Suatu Pendekatan Teori dan Praktik. Penerbit Erlangga.

Mariana, D. (2019). Komunitas Khatulistiwa Membaca, Wajib Baca 1 Buku Tiap Bulan. Kumparan. Diakses dari https://kumparan.com/hipontianak/komunitas-khatulistiwa- membaca-wajib-baca-1-buku-tiap-bulan-1sCqflJNJ4U/full/gallery/1

Nawawi, Hadari 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah

Mada University Press.

Putra, I. B. W. (2012). Metodologi Penelitian: Langkah Awal Membuat Karya Ilmiah. Andi Offset.

Syamsuddin, dkk. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Joko, (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta , Penerbit Qinant.

Suwandi, Sarwiji. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Karya

Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/indeks-aktivitas-literasi-membaca-34-provinsi/

Sudarsana, Undang. 2014. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suherman. 2010. Bacalah! Menghidupkan Kembali Semangat Membaca Para Mahaguru Peradaban. Bandung: MQS Publishing.

Sundari, S. (2015). Penulisan Karya Ilmiah. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2015). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Suparman. (2016). Pengantar Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suroso, A. (2014). Pengantar Analisis Isi: Teori dan Aplikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Ulum, M. C., & Anggaini, N. L. V. (2020). Community Empowerment: Teori dan Praktik Pemberdayaan Komunitas. Malang: UB Press. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=bMADEAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v= onepage&q&f=false

Zuldafrial. (2011). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

------------,(2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Zuldafrial dan Lahir, M, (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Zuhro, S. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v9i1.5323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.