Kemampuan Literasi Membaca Siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru

Muhammad Mukhlis, Asnawi Asnawi, Andristi Afdal, Febi Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan literasi membaca siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru. Melibatkan 294 sampel, penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari tes dan wawancara menggambarkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa masih berada pada tingkat rendah, dengan nilai rata-rata sebesar 61,34. Rendahnya kemampuan literasi membaca ini menimbulkan tantangan serius, terutama dalam hal mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber bacaan. Analisis lebih lanjut mengidentifikasi beberapa faktor penyebab, termasuk pengaruh gawai dan teknologi, strategi pembelajaran yang kurang mendukung, dan perbedaan tingkat kecerdasan siswa. Oleh karena itu, solusi konkret diperlukan, termasuk evaluasi mendalam terhadap strategi pembelajaran, penyesuaian metode yang interaktif dan kontekstual, serta peningkatan literasi digital. Pentingnya melibatkan keluarga, komunitas, dan mendukung teknologi yang sesuai diakui sebagai langkah integral untuk menciptakan lingkungan holistik yang mendukung perkembangan literasi membaca siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru. Dengan merancang upaya yang terkoordinasi, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kemampuan literasi membaca siswa dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna.

Keywords


kemampuan siswa; literasi membaca; pusat keunggulan

Full Text:

PDF

References


Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode CIRC pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 173–182. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Chu, Z. (2021). Effects of Digital Media Integrated Reciprocal Teaching on Students’ Reading Ability and Motivation. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 73, 299–311. https://doi.org/10.33788/rcis.73.19

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (VI). Pustaka Pelajar.

Greenleaf, C. L., Litman, C., Hanson, T. L., Rosen, R., Boscardin, C. K., Herman, J., Schneider, S. A., Madden, S., & Jones, B. (2011). Integrating Literacy and Science in Biology : Teaching and Learning Impacts of Reading Apprenticeship Professional Development. American Educational Research Journal, 43(3), 647–717. https://doi.org/10.3102/0002831210384839

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10 – 24. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Hernández, S., & Avila, D. (2020). Data Collection Techniques and Instruments. Boletín Científico de Las Ciencias Económico Administrativas Del ICEA, 9(17).

Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 637–643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 30–41. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Liu, T., & Yuizono, T. (2020). Mind Mapping Training’s Effects on Reading Ability: Detection Based on Eye Tracking Sensors. Sensors (Switzerland), 20(16), 1–15. https://doi.org/10.3390/s20164422

Louk, M. J. H., Neolaka, E. S., & Runesi, S. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Perkembangan Afektif Kognitif dan Psikomotor Siswa dalam Pembelajaran Permainan Futsal. Journal Of Physical Education Health And Sport Sciences, 1(1). https://doi.org/10.35508/jpehss.v1i1.2425

Mariamah, M., Putrayasa, I. B. P. B., & Sudiana, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 773–739. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797

McGaw, B. (2003). Literacy Skills for the World of Tomorrow: Further Results from PISA 2000 - Publications 2000. Organisation for Economic Co-operation and Development.

McGaw, B. (2004). Learning for Tomorrow’s World First Results from PISA 2003. Organisation for Economic Co-operation and Development.

McGaw, B. (2007). PISA 2006: Sciences Competecies for Tomorrow’s World Volume 1 Analysis. Organisation for Economic Co-operation and Development.

McGaw, B. (2010). PISA 2009 Results: What Students Knowand Can Do Volume I. Organisation for Economic Co-operation and Development.

McGaw, B. (2013). PISA 2012 Results: What Students Knowand Can Do Volume I. Organisation for Economic Co-operation and Development.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2017). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru (T. Rohendi & M. Mulyarto (eds.)). Universitas Indonesia (UI-Press).

Morgan, G. A., & Harmon, R. J. (2001). Data Collection Techniques. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 40(8). https://doi.org/10.1097/00004583-200108000-00020

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., & Zede, V. A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Media Sains Indonesia.

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Kedua). BPFE.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489

Purwantoro, F., & Nafsah, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Gawai (Gadget) Terhadap Hasil Belajar Siswa. IJEB: Indonesian Journal Education Basic, 1(2). https://doi.org/10.61214/ijeb.v1i2.58

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, S., Salmia, S., & Sudarmin, S. (2023). Development of Quality Instruments and Data Collection Techniques. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 6(1). https://doi.org/10.55215/jppguseda.v6i1.7527

Ueda, R., Kaga, Y., Kita, Y., Nakagawa, E., Okada, T., & Inagaki, M. (2021). Clinical Profile of Reading Ability and Reading and Writing Achievement of Children with Borderline Full-Scale Intellectual Quotient: a Prospective Study. BMC Pediatrics, 21(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12887-021-02865-z

X. (2018). Effects of Socioeconomic Status, Parent-Child Relationship, and Learning Motivation on Reading Ability. Frontiers in Psychology, 9, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01297

Yu, L., Yu, J. J., & Tong, X. (2023). Social-Emotional Skills Correlate with Reading Ability among Typically Developing Readers: A Meta-Analysis. In Education Sciences (Vol. 13, Issue 2, pp. 1–22). https://doi.org/10.3390/educsci13020220




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v9i1.5297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6285747889416

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.