Pengembangan Game Edukasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia

Elvi Susanti, Didah Nurhamidah

Abstract


Penggunaan Game Edukasi menjad hal yang menarik untuk diterapkan di sekolah karena memberikan dampak yang positif dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan game edukasi berbasis software macromedia flash untuk membantu siswa SMP di Tangsel dan Jakarta dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa Indonesia.  Game edukasi ini bisa menjadi valid dan efektif, serta dapat diterapkan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, karena menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, memberi pemahaman materi lebih mudah, dan menambah pengalaman belajar siswa, serta memerlukan waktu yang tidak panjang bagi guru dalam menyampaikan materi. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kevalidan game edukasi berbasis software macromedia flash berdasarkan ahli materi dan ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat valid” (2) keefektifan game edukasi berbasis software macromedia flash berdasarkan respon siswa mendapatkan persentase 94,8% yang termasuk kriteria “sangat praktis”.

Keywords


Game Edukasi; Macromedia Flash; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aji, Ary Septyono. 2013. Pembuatan Game budaya Menggunakan Macromedia Flash. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aminah, Siti. Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam). Jurnal Ilmiah Betrik. Vol.9, No. 03 (2018)

Anggara (Zulfadli, Fachrul Rozi). 2010. ULTIMATE GAME DESAIN Building RPG Games Using Adobe Flash Action Script, ANDI, Yogyakarta.

Borg dan Gall, B. 1983. Educational Research: An introduction. New York Longman.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Cahyo, D. 2016. "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK N 1 Pleret". E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 15(2).

Deni, D. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir, A. D. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gay, L.R. 1991. Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. 2019. "Pengembangan JIMATH sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas". IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1).

Hidayat, Nurul, dkk. “Integration of Modern Macromedia Flash Technology with Indonesian Traditional Game for Interactive Physics Learning”. AIP Conference Proceedings 2330, 050029. 2021.

Ismail, A. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.

Istiono, W. 2008. Education Game with Flash 8.0. Jakarta: Gramedia.

Kholida, S. Ida. “Development Of Work Sheet Students In Guided Inquiry Based On The Game Education Using Macromedia Flash”. Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1569, International Conference on Series and Technology 2019 17-18 October 2019, Surabaya, Indonesia.

Liberna, Hawa. THE INFLUENCE OF MACROMEDIA FLASH LEARNING ON THE STUDENTS’ MATHEMATIC CONCEPT UNDERSTANDING. Journal of Mathematics Education JME. Vol.3, No.1, June 2018

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Naz, A. A., & Akbar, R. A. Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education, 18 (1–2), 35–40. 2008

Nurdin Ardiansya, Macromedia Flash untuk Pemula, -Google Search (http://www.google.co.id/search.macromedia+Flash+untuk+pemula.&aqs=chrome (accesed 30 April 2018)

Pribadi, B. A. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.

Sofiatun, Maimunah, Musayyadah, dan Norma Gupita. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Game Edukasi dalam Mendukung Program Belajar dari Rumah di Era Pandemi Covid -19 Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JEP: Jurnal Of Education Parner. Vol 01, No.01, (2021).

Umam, Khoerul dan Yudi. 2016. “Pengaruh Menggunakan Sofware Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII”. Kalamatika, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 No.1, 2016. Diakses di https://journal.uhamka.ac.id/index.php/kalamatika/article/view/4551 pada hari Jumat, 21 Januari 2021.

Utama, N.P. dkk, 2012. Penggunaan Macromedia Flash 8 pada Pendidikan Matematika, 1(1), pp.51–59.

Wibawanto, Wandah. 2007. Membuat Game dengan Macromedia Flash + CD. Penerbit: Andi Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.4650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.