Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter pada Peserta Didik Kelas I SD

Eka Yulin Adriani, Subyantoro Subyantoro, Hari Bakti Mardikantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik kebutuhan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I sekolah dasar, (2) merumuskan prinsip-prinsip penyusunan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I sekolah dasar, (3) menyusun prototipe buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I sekolah dasar, (4) menguji keefektifan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah pendekatan R&D (Reseach and Development) dengan langkah penelitian yaitu (1) analisis teoretis dan praktis; (2) analisis kebutuhan peserta didik dan guru; (3) penyususnan prototipe; (4) uji prototipe kepada ahli dan guru; (5) revisi prototipe; (6) uji coba lapangan; dan (7) deskripsi hasil penelitian. Data dalam penelitian ini meliputi data kebutuhan pengembangan buku pengayaan menurut peserta didik dan persepsi guru, data hasil penilaian ahli, dan data uji coba terbatas berupa skor. Sampel penelitian ini adalah sumber belajar menulis permulaan pada kelas I SD. Hasil Penelitian adalah (1) karakteristik kebutuhan buku pengayaan pada peserta didik SD kelas I berdasarkan minat peserta didik dan persepsi guru, (2) perumusan prinsip-prinsip penyusunan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter, (3) pengembangan prototipe untuk peserta didik SD kelas I dengan menggunakan teknik 5M (mengeblat, menghubungkan, menatap, melengkapi, menyalin), (4) validitas dan reliabilitas prototipe buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I SD.


Keywords


buku pengayaan,; menulis permulaan; teknik 5M (mengeblat, menghubungkan, menatap, melengkapi, menyalin).

Full Text:

PDF

References


Fellowes, Janet. (2008). Teaching Writing in the Early Years of School. Jurnal Practically Primary Journal, vol. 13. Australia: Australian Literacy Educators’ Association.

Harste, Burke & Woodward. (1984). When do children start writing? Jurnal Literacy, Families, and Learning, p. 82. London: Cassell.

Hayes, John R. (2011). Kinds of Knowledge-Telling: Modeling Early Writing Development. Journal of Writing Research, 3(2). pp. 73-92. Pittsburgh: Carnegie Mellon University.

Hilda, Karli. (2010). Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 9, No. 15. Membaca dan Menulis untuk Anak Usia Dini melalui Aktivitas dan Permainan yang Menyenangkan. Jakarta: BPK Penabur.

Irfangi, Muhammad. (2005). “Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar dengan Bermain Kartu Huruf”. Jurnal Surya: Media Informasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kaplan, R. B. (1986). An Introduction to The Study of Written Texts. New York: Newbury House.

Lorenz, Barbara, Tim Green, & Abbie Brown. (2009). Using Multimedia Graphic Organizer Software in the Prewriting Activities of Primary School Students: What Are the Benefits? Jurnal Computers in the Schools, 26: 115-129.

Molfese, Victoria J., Jennifer L. Beswick, Jill L. Jacobi-Vessels, Natalie E. Armstrong, Brittany L. Culver, Jamie M. White, Melissa C. Ferguson, Kathleen Moritz Rudasill, & Dennis L. Molfese. (2011). Evidence of Alphabetic Knowledge in Writing: Connections to Letter and Word Identification Skills in Preschool and Kindergarten. Jurnal Springer Science+Business Media B. V. Read Writ 24:133-150. USA: University of Louisville.

Murtie, Afin. (2013). Mengajari Anak Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Sejak Dini dengan Bermain. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Palmer, D. (1985). Writing Skills: Practical Techniques in Language Teaching. London: Edward Arnold.

Ray, Katie Wood. (2013). In Pictures and In Words: Teaching the Qualities of Good Writing Through Illustration Study. Portsmouth: Heinemann Publishing.

Ray, Katie Wood & Matt Glover. (2013). Already Ready: Nurturing Writers in Preschool and Kindergarten. Portsmouth: Heinemann Publishing.

Stellakis, Nektarios & Marianna Kondyli. (2004). The Emergence of Writing: Children’s Writing During The Pre-Alphabetic Spelling Phase. Jurnal Educational Studies in Language and Literature 4: 129–150. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Subyantoro. (2009). Pelangi Pembelajaran Bahasa. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. (2007). Panduan Menulis Artikel dan Jurnal. Yogyakarta: Penerbit Elmatera Publishing.

Temur, Turan. (2011). Description of Primary Education 1st Grade Students' Forms of Holding a Pencil as well as Their Grip and Compression Strengths. Jurnal Educational Sciences: Theory & Practice - 11(4) 2199-2205. Turkey: Dumlupinar University.

Thwaite, Anne. (2006). Genre Writing in Primary School: From Theory to The Classroom. Australian Journal of Language and Literacy vol. 29, pp 95-114. Australia: Edith Cowan University.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.