Komik Bergambar Timun Mas sebagai Media Pembelajaran Menulis di Era Metaverse

Adisti Primi Wulan

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai komik bergambar Timun Mas sebagai media pembelajaran di era metaverse. Komik adalah perpaduan antara ilustrasi dan juga teks, oleh karena itu dalam penerapannya cerita memegang peran yang sangat penting dalam komik. Komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena di dalamnya memiliki amanat atau pesan-pesan terutama untuk anak-anak. Metaverse merupakan masa depan dari dunia internet dan teknologi. Analisis komik bergambar Timun Mas yang dibahas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan objektif, dengan metode yang digunakan deskriptif kualitatif, dari analisis ini menggambarkan situasi atau kejadian yang bersifat deskriptif untuk mengidentifikasi komik bergambar Timun Mas. Tujuan analisis ini untuk mengembangkan komik bergambar sebagai media pembelajaran menulis di era metaverse, dengan adanya komik bergambar dapat meningkatkan motivasi dan minat pembaca dalam menulis. Komik bergambar Timun Mas dijadikan sebagai media pembelajaran menulis untuk dapat mengembangkan kreativitas di era metaverse.


Keywords


komik bergambar; Timun Mas; media pembelajaran; metaverse

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jur nal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Ardhian, M. I., Safira, S. D., Lubis, F., & Simanjuntak, E. E. (2021). Analisis Novel “Mone y!” Karya T. Andar Dengan Pendekatan Objektif Teori Mh Abrams. Linguistik: Jur nal Bahasa dan Sastra, 6(2), 311-319.

Avrilliyanti, H., Budiawanti, S., & Jam, J. (2013). Penerapan media komik untuk pembelajara n fisika model kooperatif dengan metode diskusi pada siswa SMP Negeri 5 Surakarta k elas VII tahun ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Azis, A. (2015). Menulis poster dan slogan melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning): suatu alternatif peningkatan keterampilan menulis. S emantik, 1(1).

Baskoro, GW, & Ridwan, M. (2017). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Dengan Pembangunan Komik Elektronik. ikraith-informatika , 1 (2), 24-29.

Ball, M. (2021, June 29). Framework for the Metaverse. https://bit.ly/3pALjFz

Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Kelas Menulis UI N Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar A tau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 42-46.

Diana, R. R. (2021). Implementasi Program Pengembangan Literasi Bagi AUD di Komunitas Sekolah Literasi Wadas Kelir. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 41-51.

Faisal, F., Baskoro, GW, Ridwan, M., & Mardawati, M. Peningkatan Kualitas Pendidikan An ak dengan Pembangunan Komik Elektronik. Ikraith Informatika , 1 (2), 24-29.

Hasanah, I. F. (2022). Pemanfaatan M-Learning Berbasis Androi D Pada Pembelajaran Pai Di Era Metaverse. Era Metaverse, 79.

Korohama, K. E. P., & Pd10, M. (2022). Dinamika Pelaksanaan Konseling Onl Ine Berbasis Text. Jejaring Teknologi Metaverse, 77.

Lesmana, M. E., Siswanto, R. A., & Hidayat, S. (2015). Perancangan Komunikasi Visual Ko mik Berbasis Cerita Rakyat Timun Mas. EProceedings of Art & Design, 2(1).

Jaime López-Díez1(2021) Metaverse: Year One. Mark Zuckerberg’s video keynote on Meta (October 2021) in the context of previous and prospective studies on metaverses. Pensar la Publicidad ISSNe: 1989-5143 https://dx.doi.org/10.5209/pepu.79224

Lestari, D., Helviani, H., & Isnaini, H. (2018). Representasi Nilai-Nilai Karakter Pada Tokoh Ibu Dalam Cerita Rakyat “Timun Mas”. Pembebasan Bersyarat (Jurnal Pendidikan Bah asa Dan Sastra Indonesia) , 1 (6), 911-918.

Nindyana, D. G., & Aryanto, H. (2022). Perancangan Komik Digital Fantasi Cerita Rakyat Nusantara Timun Mas. Barik, 3(2), 1-14.

Ning, H. Wang, W., Lin, Y., Wang, W., Dhelim, S., Farha, F., Ding, J., Daneshmand, M. (2011). A Survey on Metaverse: the Stateof-the-art, Technologies, Applications, and Challenges. Computers and Society (IF), arxiv-2111.09673

Nugraha (2022) Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. ejournal.unesa.ac.id

Pravitasari, T. A., Adib, A., & Wahyudi, A. T. (2017). Perancangan Komik Digital Mengenai Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Remaja Wanita di Surabaya. Jurnal DKV Adiwar na, 1(10), 7.

Purnomo, A. (2022). Apa Pengertian Metaverse?.

Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 9 (1), 44-52.

Sari, D. P. (2022). Pemanfaatan NFT Sebagai Peluang Bisnis Pada Era Metaverse. Jurnal Akr ab Juara, 7(1), 237-245.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.

Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506. Wijayanto, A. (2022). Jejaring Teknologi Metaverse.10.31219/osf.io/24fjw

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.4123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6285747889416

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.