Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul cerita rakyat berbasis kearifan lokal di kelas VII SMP Agape Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Agape Pontianak dengan jumlah siswa sebanyak 37. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah divalidasi dengan hasil validasi bahwa instrumen layak digunakan. Bentuk angket yang digunakan adalah angket tertutup. Pertanyaan untuk angket sebanyak 14 dengan alternatif jawaban sangat setuju (skor 5), setuju (skor 4), ragu-ragu (skor 3), Tidak Setuju (skor 2), Sangat Tidak Setuju (skor 1). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul cerita rakyat berbasis kearifan lokal sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil respon siswa skor 83,74%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amandangi, D. P., Mulyati, Y., & Yulianeta, Y. (2020). Cerita Rakyat Sebagai Bahan Pengayaan Literasi Budaya Bagi Pemelajar BIPA Tingkat Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 157-166.
Arif, C., Muskir, M., & Refdinal, R. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), 170-196.
Batubara, A., & Nurizzati, N. (2020). Struktur Dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Asal Usul Kampung Batunabontar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-9.
Gola, N., Subiki, S., & Nuraini, L. (2022). PROFIL RESPON SISWA PENGGUNAAN E-MODUL FISIKA BERBASIS ANDROID (ANDROMO). Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 53-58.
Hidayat, M. T., & Yakob, D. M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Aceh Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Karakter Siswa SMP. di Kota Langsa. Jurnal Metamorfosa , 7(2), 189–200. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/265
Nasionalisme, S., Literasi, B., Rakyat, C., & lokal, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 348397. https://doi.org/10.21093/TWT.VXXIYY
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajaMISYKAT: Jurnal belajar Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Septiani, A. D. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS CERITA RAKYAT (HIKAYAT) MENGGUNAKAN MEDIA POP UP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(4), 892-900.
Sumiati, T., Majid, N. W. A., Motilal, C., & Jayanti, G. D. (2020). Penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran calon guru di LPTK Purwakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 9–21. https://doi.org/10.25273/PE.V10I1.5333
Syafira, A., Chanafiah, Y., & Canrhas, A. (2020). Nilai Edukasi Pada Kumpulan Buku Cerita Rakyat Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 1-10.
Ridwan, A.S.(2016). Penilaian Autentik.Jakarta: PT Bumi Aksara
Yamsiah. (2018). Kearifan Lokal yang Tercermin dalam Cerita Rakyat Masyarakat Melayu Kapuas Hulu.Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Wijayanti, A.T. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. JIPSINDO, 5(1), 21-43
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.3743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.