Kajian Psikologi Pembelajaran Menulis Puisi dalam Perspektif Mahasiswa

Ari Kartini, Syihabuddin Syihabuddin, Vismaia Damaianti

Abstract


Penelitian ini mengkaji pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dalam perspektif  mahasiswa yang berkenaan dengan  pandangan, perasaan, dan harapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian menggunakan analisis kualitatif deskriptif melalui pendekatan psikologi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarluaskan melalui google form dan melakukukan wawancara langsung secara daring. Mahasiswa yang mengisi angket sebanyak 87 mahasiswa dan mahasiswa yang diwawancarai sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menyukai puisi, menulis puisi, dan pembelajaran menulis puisi. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi saat menulis puisi, yaitu pemilihan diksi, memulai menulis, penggunaan gaya bahasa, merangkai kata-kata yang indah dan penuh makna, serta menemukan ide. Temuan lain berkenaan dengan metode dan media yang digunakan hendaknya menarik, menyenangkan, serta berbasis audiovisual. Harapan mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi ialah terampil menulis puisi, menyukai menulis puisi, menghasilkan karya, memahami teknik penulis puisi, mendapatkan informasi terkait teknik, media, atau metode yang efektif untuk menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan implikasi, bahwa banyak mahasiswa menyukai puisi dan senang menulis puisi, akan tetapi rasa suka dan keinginan itu terhambat oleh kesulitan yang mereka rasakan dalam menulis puisi. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis puisi khusunya berkenaan dengan metode dan media pembelajaran menulis puisi berbasis teknologi.


Keywords


Psikologi Pembelajaran; Menulis Puisi; Perspektif Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adawiah, S. R. et. a. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Onomatope di MA Tanjungjaya. 1(November), 897–904.

Bivit, A. P. N. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik `Tandur` Dan Teknik `Ambak` Pada Peserta Didik Smp (Rsbi Dan Non-Rsbi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 49–53. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V2I1.1319

Cronin, C., & Hawthorne, C. (2019). “Poetry in Motion” a Place in the Classroom : Using Poetry to Develop Writing Confidence and Reflective Skills. 76(January), 73–77. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.01.026

Deepa, P., & Ilankumaran, M. (2018). Teaching Poetry Enhances Speaking Skills – an Analysis Based on Select Poems. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.36), 619. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.36.24211

Devi, D., Mulyaningsih, I., & Khuzaemah, E. (2020). Penerapan Lagu Tradisional “Ramadhan Suci” Karya KH. Fuad Hasyim untuk MEeningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Berorientasi Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VIII MTsNU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 14. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.1922

Habibi, M., Mahyuddin, R., & Hendri, S. (2018). Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools. 5(3), 145–154. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14501

Hasirci, D., & Ultav, Z. T. (2012). An Interdisciplinary Approach to the Design Studio: Poetry as a Complementary Feature to the Creative Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 618–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.214

Hunter, L. P. (2002). Poetry as an aesthetic expression for nursing: A review. Journal of Advanced Nursing, 40(2), 141–148. https://doi.org/10.1046/j.1365-2648.2002.02356.x

Iis, R. (2020). Jurnal Bahasa, Sastra. Jurnal Dinamika (Bahasa, Sastra, Pembelajanrannya), 3(2), 2715–8381. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.998

Jeffries, L. (2006). Poetry: Stylistic Aspects. Encyclopedia of Language & Linguistics, 645–651. https://doi.org/10.1016/B0-08-044854-2/00532-0

Kemendiknas. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Vol. 66, Issue November).

Lahman, M. K. E., Rodriguez, K. L., Richard, V. M., Geist, M. R., Schendel, R. K., & Graglia, P. E. (2011). (Re)Forming Research Poetry. Qualitative Inquiry, 17(9), 887–896. https://doi.org/10.1177/1077800411423219

Muttalib, A. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menyusun Teks Puisi Siswa Kelas Vii Smp Negeri I Tinambung. Jurnal Pepatuzdu, 9(1), 1–15. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v9i1.26

Nugroho, A. R., & Wiyatmi, W. (2019). The Effectiveness of the Acrostic Technique Toward the Poetry Writing Class for Grade VIII Students of SMP Negeri 5 Wates. 297(Icille 2018), 32–35. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.7

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Oktavia, W. (2019). Analisis Kesulitan Menulis Puisi Bebas. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 70–75.

PETRICIUC, L. (2019). Contrastive-Comparative Study on Students’ Perceptions of Using Literary Texts As Authentic Language Learning Resources. Revista de Pedagogie - Journal of Pedagogy, LXVII(1), 123–138. https://doi.org/10.26755/revped/2019.1/123

Preiss, D. D. (2020). Poetry, meaning making, and mind wandering. In Creativity and the Wandering Mind. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-816400-6.00013-4

Preiss, D. D., Lynch, S. F., Mckay, A. S., Kaufman, J. C., & Católica, U. (2020). Poetry Through the Lifespan. 2, 367–370. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23842-X

Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Menulis Puisi Mahasiswa Managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38. https://doi.org/10.30659/j.7.1.38-48

Setiawati, I., & Zuniati, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Telisik (Tentukan, Analisis, Tampilkan). Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i2.54

Suminto, A. S. (2015). Pembelajaran Sastra di Sekolah dan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 112–122. https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.274

Vala, J., Ďoubalová, K., Sladová, J., & Řeřichová, V. (2012). Possibilities of Positive Influence on the Attitude of Students Towards Poetry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1259–1263. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.059

Xerri, D. (2013). Poetry writing in the post-16 English curriculum. English Teaching, 12(2), 140–155.

Waluyo, H.J. (2005). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wardoyo, S. M. (2013). Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiatisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i2.3033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.