Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Cerpen pada Buku Ajar Sekolah Menengah Atas

Syahroni Syahroni, Arifatul Hikmah, Sarwiji Suwandi

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran, karena bahan ajar mendukung proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar juga tidak lepas dari pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi salah satu tujuan dalam pelaksanaan pendidikan berdasarkan kurikulum 2013. Pendidikan karakter dimaksudkan untuk membuat peserta didik memiliki pribadi baik yang dapat membangun Bangsa. Terdapat dua aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu aspek Bahasa dan aspek sastra. Peran kasrya sastra pada dasarnya adalah membentuk watak dan kepribadian seseorang, cerpen sebagai bahan ajar perlu memuat nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai pendidikan karakter dalam teks cerpen dalam buku ajar Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatiffan teknik yang digunakan ialah analisis isi (content analysis). Penelitian ini menjabarkan hasil analisis buku ajar Bahasa Indonesia SMA yang difokuskan pada nilai karakter dalam materi cerpen. Temuan keseluruhan dari enam cerpen yang dianalisis dari tiga buku ajar penerbit PT Bumi Aksara, Yrama Widya dan Kemendikbud terdapat dua nilai karakter yang tidak termuat dalam buku ajar tersebut, yaitu olah raga dan olah hati pada buku ajar terbitan Kemendikbud dengan judul Matahari Tak Terbit Pagi Ini. Namun demikian, secara menyeluruh dapat digeneralisasikan bahwa cerpen yang terdapat dalam buku ajar kelas X1 mata pelajaran Bahasa Indonesia memuat nilai pendidikan karakter. Analisis karakter setiap bahan ajar akan memberikan manfaat positif terhadap pribadi dan sikap siswa setelah pembelajaran.

Keywords


Buku Ajar SMA; Teks Cerpen; Nilai Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Anam, M. A. (2016). Pendidikan Karakter: Upaya Membentuk Generasi Berkesadaran Moral. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 02 Nomor 02. doi:doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.388-426

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

E Slavin, R. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, Vol 14 No 2. doi:DOI: https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisi Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 311-326. doi:DOI: https://doi.org/10.36088/nusantara.v4i2

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 2 No 2. doi:DOI:https://doi.org/10.36088/Nusantara.v2i2.828

Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Y., & Andriani, A. (2018). Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Bandung : Yrama Widya.

Pidarta, M. (2020). Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Priyatni, E. T., & Harsiati, T. (2017). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, C. P., & Arifin, Z. (n.d.). Novel Lost In The USA Karya Fathi Bawazier sebagai Media Pendidikan. JP-BSI Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 7 Nomor 1 Maret 2022. Page 20-27. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/

Rivai, V., & Murni, S. (2012). Education Management: Analisis Teori dan Praktik . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Karya Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setyawan, A., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2017). Muatan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII No. 2. doi:DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778

Sita, A. (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Malang: Madani.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, d. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Kemendikbud.

Sumarlin, N. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini:Tinjauan Sosiologi Sastra. EDU-KATA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Vol 5 No 1. doi:DOI: https://doi.org/10.52166/kata.v4i1.1002

Sundayana. (2017). Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Susanto, D. (2015). Kamus Istilah Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syaifurahman, & Utari, T. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Wardarita, R. (2020). Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Revolusi Industri 4.0. JP BSI Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5, No 1 . doi:DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1656

Wulandari, A., Kamarudin, & Sinaga, A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Terbitan Erlangga Tahun 2013. PENA, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5 No. 2. doi:DOI: https://doi.org/10.22437/pena.v6i1.4755




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i2.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.