Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di MTs Binaul Iman Karang Sari

Netti Marini, Fheti Wulandari Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis teks ulasan siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)  di MTs Binaul Iman Karang Sari. Penelitian ini juga ingin membuktikan apakah kemampuan menulis teks ulasan setelah menggunakan teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik hasilnya daripada keterampilan menulis teks ulasan sebelum menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa essai tes yaitu berupa tes menulis teks ulasan. Dalam tes tersebut, aspek yang dinilai adalah kesesuaian isi dengan tema, koheren dan kohesi nya kalimat dan paragraf, pemilihan diksi yang tepat, penggunaan ejaan yang disempurnakan, dan kerapian tlisan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa r = 0,71, uji t = 6,150 dan D = 50,41%. Pengujian hipotesis uji-t diperoleh 6,150 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 atau 77 – 2 = 75 diperoleh  1,665. Jadi lebih besar dari  ( 6,150 > 1,665) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada peningkatan kemampuan menulis teks ulasan dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di MTs Binaul Iman Karang Sari.


Keywords


model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); menulis; teks ulasan

Full Text:

PDF

References


Alfiroh, Nia. (2012).“Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperatice Integrated Reading And Composition) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VII A Di Mts Sabilul Ulu, Mayong Jepara”(Jurnal online). Vol 07 Semarang: IAIN Walisongo Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada

Fitriana, Aprilia nur. (2014). “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran Sejarah melalaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas VIII 5 MTsN Kamang Kabupaten Agam”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol (2): 109-120.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Marpuah, Siti. (2015). “Efektifitas model Pembelajaran Cooperative integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping”. Unnes Journal of Biology Education. 4 (3):244-250.

Mulyasa,E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro, B. (2015). Penilaian Dalam Pengajaran Bhasan dan sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Parinu, Kadek Lia

Wahyuni. (2013). “Pengaruh model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII”. Karmapati. 2(6):731-735.

Rahmawati, Nurfitriani. (2015). Pembelajaran Memproduksi Teks Ulasan Film Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMKN 11 Bandu ng Tahun Pelajaran 2015/2016 (jurnal online). Vol 03 Bandung: Universitas Pasundan.

Semi, Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan,H.G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianti, Alfiolona. (2015). “Pembelajaran Membandingkan Struktur dan isi Teks Ulasan Film dengan Teks Ulang Biografi dengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMKN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015. (Jurnal Online). Vol (7) Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i1.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.