Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Model Quantum Learning di SMP Swasta Erlangga Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks drama dengan menggunakan model quantum learning di SMP Swasta Erlangga Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berbentuk pre-test menulis teks drama tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Learning (X) dan Post- test menulis teks drama menggunakan model pembelajaran Quantum Learning (Y). Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode kolerasi product moment. Hasil menunjukan bahwa terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test. pada pre-test nilai rata-rata siswa mencapai 63,02 dan pada post-test nilai rata-rata siswa mencapai 78,13. Perhitungan koefisien korelasi dari hasil pre-test (X) dan post-test (Y) yaitu 0,74 yang digolongkan pada tingkat korelasi tinggi. Nilai determinasi adalah 54,76%. Hasil uji hipotesis dengan uji t, yaitu thitung =10,90. Diketahui dk = n-2=44. Untuk penelitian , taraf yang dipakai adalah α = 0,05. Dengan table distribusinilai ttabel = 1, 683. Maka thitung ≥ ttabel yaitu 10,90 ≥ 1, 683. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima keberadaanya. Jadi , ada peningkatan kemampuan menulis teks drama dengan menggunakan model quantum learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus. (2011). Belajar Aktif Menyenangkan dengan Pembelajaran Quantum Learning. Jakarta: Prestasi Putra Karya.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Sofiyah, dkk (2014) Penerapan Quantum
Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa ( online), (Jurnal .fkip.und.ac.id.com)
Endraswara. (2011). Perkembangan Drama. Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Bandung: Raja Grafindo Persada.
Muchclisin, Fuat. (2013). Pengaruh Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Peta Pikiran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurginyantoro, Burhan. (2002). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.
N. Riantiarno. (2011). Kitab Teater. Jakarta : Grasindo.
Purba, Anita dkk. (2021). Pengajar Profesional : Teori dan Konsep. Medan : Yayasan Kita Menulis. Dapat diakses pada https://kitamenulis.id/2021/01/21/pengajar-profesional-teori-dan-konsep/
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tansliova, Lili dan Resmi. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Daring Di SMA Swasta Erlangga. Jurnal Cakrawala Linguista Vol. 4, No. 1, Juli 2021. Halaman : 22 - 40 . Dapat diakses pada https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/2422 Doi http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i1.2422
Wahyuni, Nurul. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Roundtable untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Drama Siswa Kelas VIII F SMPN 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 6 Nomor 1 Maret 2021. Page 6-11.
Willyam. (2016). “Kemampuan Menentukan Unsur-Unsur Teks Drama oleh Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Muhammadiyah3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016” (jurnal online).Jember:FKIP UMSU Jember.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i1.2966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.