Problematika Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Era Pandemi Berdasarkan Perspektif Guru SMP Se-Kota Malang

Nova Shufia Tahmida, Didin Widyartono

Abstract


Perubahan sistem pembelajaran yang terjadi secara cepat dan mendadak selama pandemi menimbulkan dampak pada tahap-tahap pembelajaran. Dampak tersebut ditandai dengan banyaknya problematika yang terdapat pada masing-masing tahapan pembelajaran yaitu problematika persiapan, problematika pelaksanaan dan problematika penilaian pembelajaran. Penelitian terhadap problematika yang dialami guru penting untuk dilakukan supaya kedepannya kendala yang sama tidak terulang atau dapat diminalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang terjadi pada setiap tahap pembelajaran yang ditinjau dari perspektif guru. Penelitian ini melibatkan guru SMP se-Kota Malang sejumlah 105 orang sebagai subjek peelitian. Metode penyajian data yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner daring yang dikemas melalui Google Formulir, kemudian disebarkan secara daring kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring Bahasa Indonesia selama pandemi yang dialami oleh guru SMP se-Kota Malang terdiri atas problematika persiapan, problematika pelaksanaan, dan problematika penilaian. Problematika yang terjadi pada tahap pelaksanaan didominasi oleh kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, kendala yang paling banyak terjadi adalah ketidakmampuan guru untuk digitalisasi bahan ajar. Problematika penilaian pembelajaran yang paling banyak dialami oleh guru adalah mengatur kedisiplinan siswa untuk mengumpulkan penugasan.

Keywords


Bahasa Indonesia; Guru; Malang; Pembelajaran Daring; Problematika

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2020). Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: Students Perspectives. Journal Of Pedagogical Research, 1(2), 45–51. Https://Doi.Org/10.33902/JPSP.2020261309

Bailey, D., Almusharraf, N., & Hatcher, R. (2020). Finding Satisfaction: Intrinsic Motivation For Synchronous And Asynchronous Communication In The Online Language Learning Context. Education And Information Technologies. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-020-10369-Z

Bugin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Rajawali Per.

Foo, C., Cheung, B., & Chu, K. (2021). A Comparative Study Regarding Distance Learning And The Conventional Face-To-Face Approach Conducted Problem-Based Learning Tutorial During The COVID-19 Pandemic. BMC Medical Education, 21(1), 141. Https://Doi.Org/10.1186/S12909-021-02575-1

Guo, J. (2020). Students Perceptions Of Using Mobile Technologies In Informal English Learning During The COVID-19 Epidemic: A Study In Chinese Rural Secondary Schools. Journal Of Pedagogical Research, 1–9. Https://Doi.Org/10.33902/JPR.2020063786

Heritage, M. (2018). Assessment For Learning As Support For Student Self-Regulation. The Australian Educational Researcher, 45(1), 51–63. Https://Doi.Org/10.1007/S13384-018-0261-3

Hughes, C. (2020). COVID-19 And The Opportunity To Design A More Mindful Approach To Learning. PROSPECTS, 49(1–2), 69–72. Https://Doi.Org/10.1007/S11125-020-09492-Z

Kang, B. (2021). How The COVID-19 Pandemic Is Reshaping The Education Service. In J. Lee & S. H. Han (Eds.), The Future Of Service Post-COVID-19 Pandemic, Volume 1 (Pp. 15–36). Springer Singapore. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-33-4126-5_2

Khlaif, Z. N., Salha, S., & Kouraichi, B. (2021). Emergency Remote Learning During COVID-19 Crisis: Students’ Engagement. Education And Information Technologies. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-021-10566-4

Kumar, S., Viral, R., Deep, V., Sharma, P., Kumar, M., Mahmud, M., & Stephan, T. (2021). Forecasting Major Impacts Of COVID-19 Pandemic On Country-Driven Sectors: Challenges, Lessons, And Future Roadmap. Personal And Ubiquitous Computing. Https://Doi.Org/10.1007/S00779-021-01530-7

Lockee, B. B., & Moore, S. (2020). The Difference Between Emergency Remote Teaching And Online Learning. 2.

Low, S., Goh, J., Yeung, S. K., & Chia, I. (2016). Building IT Capabilities To Deploy Large-Scale Synchronous Online Technology In Teaching And Learning. In F. F.-H. Nah & C.-H. Tan (Eds.), HCI In Business, Government, And Organizations: Ecommerce And Innovation (Vol. 9751, Pp. 531–544). Springer International Publishing. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-39396-4_49

Naom, N., & Sarah, A. (2014). Mother Tongue In Instruction: The Role Of Attitude In The Implementation. . . Vol., 4((Issue 3):356-366), 12.

Salmon, G. (2016). E-tivities: The key to active online learning. RoutledgeFalmer.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.