Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 SMA

Yusuf Hendrawanto, Mimi Mulyani

Abstract


Buku teks Bahasa Indonesia kelas XII semester 1 masih dikeluhkan guru karena memiliki banyak kekurangan dari aspek kebahasaan dan isi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan buku teks Bahasa Indonesia kelas XII semester 1 yang digunakan di SMA Islam Sudirman. Aspek kelayakan yang dinilai adalah aspek kebahasaan dan isi. Data dalam penelitian kualitatif  ini dikumpulkan dengan metode simak dan cakap sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode analisis isi. Penelitian ini menggunakan triangulasi pakar untuk menguji keabsahan data, yaitu data dihasilkan oleh peneliti, guru, dan siswa dengan mengisi kartu data berdasarkan aspek kelayakan buku teks. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan aspek kebahasaan dan isi dalam buku teks tersebut. Aspek kebahasaan dan isi mendapatkan skor 50,97 dan 52,27 sehingga tergolong masih kurang layak. Kedua aspek tersebut perlu diperbaiki agar buku teks tersebut layak digunakan oleh guru dan siswa.


Keywords


Kelayakan Kebahasaan; Isi Buku Teks; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Firdaus, A., Sahmati, S., dan Suyanto, Edi. (2014). “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4 (2), hal. 1-12. Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?journals (diunduh 12 Februari 2016).

Handayani, Conny, Bernadus Wahyudi Joko Santoso, dan Diah Vitri Widayanti. (2011). “Tindak Tutur Direktif Dosen dengan Tenaga Administrasi: Ancangan Sosiopragmatik Berperspektif Jender”. Lingua, 7 (2), hlm. 56-63. Diperoleh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/lingua (diunduh 13 Agustus 2017).

Ida, Rahma. (2001). Analisis Isi Kualitatif: Ragam Penelitian Isi Media Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Grafindo.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestari, Retno Dwi, Mimi Mulyani, dan Subyantoro. (2016). “Pengembangan Model Pembelajaran Induktif dengan Media Gambar Seri yang Bermuatan Nilai Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Paragraf Peserta Didik Kelas III”. Lingua, XII (1), hlm. 53-62. Diperoleh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/lingua (diunduh 13 Agustus 2017).

Lule, Esra. (2013). “An Application Example Related With Lexical View of Turkish Lesson and Study Books”. TSA/YIL 17 S, page 151-168. Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?journals (diunduh 12 Februari 2016).

Maryanto, Muslikah, A., Wahyuni, D., dan Hayati, N. (2015). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MAK Kelas XII Semester 1. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja Rosdakarya.

Riyanto, Agus. (2013). “Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Nilai Kewirausahaan”. Seloka, 2 (1), hlm. 27-32. Diperoleh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka (diunduh 13 Agustus 2017).

Yurtseven, Nihal dan Mehtap Bademcioglu. (2016). “Teachers Professional Development: A Content Analysis about the Tendencies in Studies”. Journal of Education and Training Studies, Vol. 4, No. 6. Turkey: Yildiz Technical University. Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?journals (diunduh 2 Oktober 2017).

Abed, Eman Rasmi dan Mohammad Mustafa Al-Absi. (2015). “Content Analysis of Jordanian Elementary Textbooks during 1970–2013 as Case Study”. International Education Studies, Vol. 8, No. 3. Canada: Canadian Center of Science and Education. Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?journals (diunduh 2 Oktober 2017).

Dirlikli, Murat, Kamil Aydın, dan Levent Akgün. (2016). “Cooperative Learning in Turkey: A Content Analysis of Theses”. Educational Sciences: Theory & Practice, Vol. 16, No. 4. Turkey: Siirt University. Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?journals (diunduh 2 Oktober 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.