Hibriditas, Mimikri, dan Ambivalensi dalam Cerpen Kupata dan Meneer Chastelein Karya Rosyid H. Dimas: Kajian Poskolonial

Achmad Sultoni, Hari Widi Utomo

Abstract


Dampak penjajahan tidak hanya dirasakan dari sisi fisik, tetapi juga dari sisi mental bangsa yang terjajah. Begitu juga dengan bangsa Indonesia yang dijajah oleh Belanda selama kurang lebih tiga setengah abad. Kajian ini berupaya untuk mengetahui jejak-jejak pengaruh kolonialisme Belanda yang dialami bangsa Indonesia yang tercermin dalam cerpen-cerpen Indonesia kontemporer. Dengan menelusuri jejak-jejak kolonialisme dalam karya cerpen, akan diketahui apa itu sisi hibriditas, mimikri, dan ambivalensi sebagaimana dijelaskan dalam teori kajian poskolonial Homi K. Bhabha. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah postkolonial. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen Kupata dan Meneer Chastelein karya Rosyid H. Dimas. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, dan wacana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca, mencatat yang dilakukan dengan cara menandai teks cerpen. Triangulasi teori digunakan untuk keabsahan data. Analisis data meliputi model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan aspek hibriditas berupa sikap berbahasa masyarakat adat yang nyaman menggunakan bahasa penjajah. Aspek mimikri ditunjukkan melalui sikap bangga menggunakan bahasa penjajah, penyesuaian kebiasaan kolonial dalam merokok dan minum kopi. Aspek ambivalensi ditunjukkan melalui pencarian identitas bahasa, di satu sisi sebagian masyarakat jajahan bangga menggunakan bahasa bangsa jajahan sebagai budaya luhur.


Keywords


postcolonial, short stories, Indonesia, contemporary literature

Full Text:

PDF

References


Aini, Indah. (2016). Mimikri dalam Novel Die Brucke Vom Goldenen Horn Karya Emine Sevgi Ozdamar. Tesis. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Bhabha, Homi K. (2007). The Location of Culture. New York: Routledge

Damono, Sapardi Djoko. (2002). Sosiologi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Efendi, Agik Nur. (2016). Membaca Resistensi terhadap Kolonialisme dalam Cerpen “Samin Kembar” Karya Triyanto Triwikromo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 16, Nomor 2. hlm. 225 – 234

Faruk. 2008. Belenggu Pasca Kolonial. Hegemoni & Resistensi dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furqon, Syihabul. (2020). “Hibriditas Poskolonialisme Homi K. Bhaba dalam Novel Midnight’s Children Karya Salman Rushdie”. Jurnal Jentera, 9 (1). Hlm. 73-95.

Foulcher, Keith dan Day, Tony. 2008. Clearing a Space: Kritik Postkolonial tentang Sastra Indonesia Modern. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Haryati, Isti. 2007. Mimikri Antara Resistensi dan Kolaborasi dalam Novel Manusia Bebas Karya Suwarsih Dyoyopuspito. Proceding Seminar Nasional Rumpun Sastra FBS. Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta.

Mifthah, Muhammad Yasif Femi. 2016. Novel Mausimu Al-Hijrah Ila Asy Syamali Karya At- Tayyib Salih: Sebuah Tinjauan Poskolonial. Tesis. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Novtarianggi, Gina, Bambang Sulanjari, dan Alfiah. (2020). “Hibriditas, Mimikri, dan Ambivalensi dalam Novel Kirti Njunjung Drajat Karya R. Tg. Jasawidagda: Kajian Postkolonialisme”. Jurnal Jisabda, Vol. 2, No. 1. Hlm. 27-34.

Nugraheni, Eko Wardani dan Widayahening. (2020). “Hybridity, Mimicry and Ambivalence of Female Characters in Indonesia: A study from Postcolonial Novel”. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 12, Nomor 1. Hlm. 419-431.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahman (2014) berjudul Ambivalensi Nasionalisme Dalam Cerpen “Clara Atawa Wanita Yang Diperkosa” Karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Poskolonial

Said, Edward. 1996. Kebudayaan dan Kekuasaan Jurnal Poetika Vol. 2 No. 2, Desember 2014116 (terj) Rahmani Astuti. Bandung: Mizan

Selden, Raman, dkk. (2005). A Reader Guideto Contemporary Literary Teory. Malaysia: Pearson Eduaction Limited

Pemenang Pekan Literasi Bank Indonesia. (2020). Masa Depan Koin. Purwokerto: Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Yunus BS, Muhammad. (2009). Kitab Rokok (Nikmat dan Madharat yang menghalalkan atau mengharamkan). Yogyakarta: Kutub.

Wahyudi, Enggar, Rupiat Martini, Tri Endar Suswatiningsih. (2018). “Perkembangan Perkebunan Kopi di Indonesia”. Jurnal Masepi Vol.3, No.1. Hlm. 1-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.