Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VI SDN 24 Macanang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone yang berjumlah 34 orang sehingga keseluruhan populasi adalah sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Data dianalisis dengan teknik statistik correlation pearson product moment. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa; (1) Siswa kelas VI SDN 24 Macanang Kabupaten Bone sebanyak 35,3 persen dikatagorikan berminat dalam membaca, sisanya 64,7 persen dengan katagori cukup berminat. (2) 44,1 persen menguasai kosakata bahasa Indonesia, dan siswanya 55,9 persen dengan katagori cukup menguasai. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk variabel minat baca terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa sebesar 0,44. Jadi, nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel (0,44>0,34) sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada hubungan antara minat baca terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VI SDN 24 Macanang Kabupaten Bone” diterima. Sedangkan hasil uji hipotesis kedua menunjukkan nilai rhitung untuk variabel penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa sebesar 0,12. Jadi, nilai rhitung lebih kecil daripada nilai rtabel (0,12>0,34) sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada hubungan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VI SDN 24 Macanang Kabupaten Bone” ditolak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah Caedar, A. (2003). Pokoknya Kualitatif. Dasar-Dasar Merancang Dan Melakukan Penelitian Kualitatif. PT Dunia Pustaka Jaya kerja sama dengan Pusat Studi Sunda. Jl. Kramat Jati.
Guetterman, T. C., Fetters, M. D., & Creswell, J. W. (2015). Integrating quantitative and qualitative results in health science mixed methods research through joint displays. The Annals of Family Medicine, 13(6), 554–561.
Guntur, T. H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Angkasa: Bandung.
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Rineka Cipta.
Kasno. (2004). Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata. 1, 1.
Mila, K. (2016). PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. PBSI-FKIP.
Ratnasari, Y. (2011). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap minat baca siswa kelas V SD Negeri Bojongsari 1 Kabupaten Purbalingga. Skripsi Sarjana Pada FIP UNY Yogyakarta.
Slamet, S. Y. (2008). Dasar-dasar keterampilan berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS Dan UPT Penerbitan Dan Percetakan UNS.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suparno, M. Y. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (1993). Membaca Sebagai Suatu Aspek Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 74–80.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.