Pengembangan Bahan Ajar Kajian Prosa Fiksi untuk Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Learning

Aziz Thaba, Abdul Karim Mahmut, Amrul Amrul

Abstract


Tujuan penelitian ini menghasilkan prototipe bahan ajar kajian prosa fiksi mobile learning yang layak atau valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Melalui penelitian dan pengembangan ini dihasilkan prototipe bahan ajar kajian prosa fiksi berbasis mobile learning telah teruji validitas unsur materi, unsur penyajian, unsur kegrafikan, unsur kebahasaan, dan unsur media atau teknologi. Subjek uji coba satu-satu menilai bahan ajar dengan kategori layak, subjek uji coba lapangan utama menilai bahan ajar dengan kategori sangat layak, dan subjek uji coba lapangan operasional menilai bahan ajar dengan kategori sangat layak. Bahan ajar efektif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Bahan ajar praktis dalam penggunaannya ditinjau dari hasil penilaian keterlaksanaan dan pengelolaan pemakaian bahan ajar di dalam pembelajaran.

Keywords


pengembangan, bahan ajar, mobile learning

Full Text:

PDF

References


Abrams, M. H. (1981). A Glossary of Literary Terms. New York Chicago-San Fransisco-Dallas-Montreal. Toronto-London-Sydney: Holt, Rinehart and Winston.

Ally, M. (2009). Mobile learning: Transforming the delivery of education and training. Athabasca University Press.

Aminudddin, M. P., & Suryana, H. (2000). Pengantar apresiasi karya sastra. PT Sinar Baru Algensindo.

Batari, U. T. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Siswa Kelas III di Kabupaten Gowa. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM Makassar.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

El-Hussein, M. O. M., & Cronje, J. C. (2010). Defining mobile learning in the higher education landscape. Journal of Educational Technology & Society, 13(3), 12–21.

Jassin, H. B. (2008). harga diri sastra Indonesia. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.

Opara, J. A., & Oguzor, N. S. (2011). Inquiry instructional method and the school science curriculum. Current Research Journal of Social Sciences, 3(3), 188–198.

Pradopo, R. D. (2002). Kritik sastra Indonesia modern. Gama Media.

Prastowo, A. (2013). Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rukayah, R., Suharno, S., & Purwanti, Y. I. S. (2014). Keefektifan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2).

Rukayah, R., Tolla, A., & Ramly, R. (2018). The Development of Writing Poetry Teaching Materials Based on Audiovisual Media of Fifth Grade Elementary School in Bone Regency. Journal of Language Teaching and Research, 9(2), 358–366.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (2012). Instructional technology: The definition and domains of the field. IAP.

Semi, M. A. (1993). Metode penelitian sastra. Angkasa.

Sharples, M., Taylor, J., & Vavoula, G. (2005). Towards a theory of mobile learning. Proceedings of MLearn, 1(1), 1–9.

Stanton, R. (2007). Teori fiksi robert stanton. Pustaka Pelajar.

Sumarjo, Y., & Saini, K. M. (1986). Apresiasi kesusastraan. Gramedia.

Sundari, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMK Negeri 3 OKU. UNS (Sebelas Maret University).

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan ilmu sastra; pengantar teori sastra. Pustaka Jaya.

Traxler, J. (2007). Defining, discussing and evaluating mobile learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 8(2), 1–12.

Van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. pada J. van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Kluwer Academic Publishers, Dortrech.

Waluyo, B. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas VII SMP dan MTs. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Waluyo, H. J. (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta. Sebelas Maret Press.

Warpala, I. W. S., Subagia, I. W., & Suastra, I. W. (2010). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk mata pelajaran sains smp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 300–314.

Wellek, R., & Austin, W. (1993). Teori Kesusastraan (terjemahan melalui Budiyanto). Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.