Proses Morfologis Reduplikasi pada Buku Kumpulan Sajak Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono

Nafiah Rafiuddin, Nensilianti Nensilianti, Syamsudduha Syamsudduha

Abstract


Penelitian berfokus pada salah satu cabang linguistik yaitu morfologi atau ilmu yang mempelajari pembentukan kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tenik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman yang terbagi tiga yaitu reduksi data, display data atau penyajian data, serta kesimpulan dan veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis reduplikasi pada buku kumpulan sajak Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang berjumlah 102 sajak, yaitu reduplikasi seluruh yang berjumlah 218 kata, reduplikasi sebagian berjumlah 14 kata dan reduplikasi perubahan fonem yang juga berjumlah 14 kata. Bentuk dasar yang mengalami proses morfologis redupliksi seluruh yaitu; jarum menjadi jarum-jarum, celah menjadi celah-celah, kapal menjadi kapal-kapal, orang menjadi orang-orang, pengembara menjadi pengembara-pengembara dan sebagainya. Bentuk dasar yang mengalami proses morfologis reduplikasi sebagian yaitu; bentuk dasar yang mengalami proses pengulangan bunyi pada suku awal kata dan mengalami pelemahan bunyi, misalnya kata tetapi yang berasal dari bentuk dasar tapi dan mengalami proses reduplikasi pengulangan bunyi pada suku awal kata sehingga ta /a/ mengalami pelemahan bunyi menjadi te /e/ dan kata lelaki dari bentuk dasar laki terjadi perubahan bunyi pada suku awal kata la /a/ dan mengalami pelemahan bunyi menjadi le /e/. Bentuk dasar yang mengalami proses morfologis reduplikasi perubahan fonem yaitu; bentuk dasar yang mengalami proses perubahan bunyi vokal dan konsonan, pada unsur kedua, misalnya kata warna-warni yang berasal dari bentuk dasar warna dan mengalami proses reduplikasi perubahan fonem sehingga terjadi perubahan bunyi vokal /a/ menjadi /i/ dan kata seluk beluk dari bentuk dasar seluk kemudian terjadi perubahan bunyi konsonan sehingga vokal /s/ menjadi /b/.


Keywords


Morfologi, reduplikasi, sajak, pengulangan seluruh, pengulangan sebagian, pengulangan bunyi

Full Text:

PDF

References


Badrun, A. (1983). Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: Usaha Nasional.

Basyaruddin, B. (2015). Kata Majemuk Bahasa Indonesia Suatu Kajian Linguistik Transformasional Generatif. Jurnal Bahas Unimed, 26(2), 77432.

Chaer, A. (2008). Morfologi bahasa Indonesia: pendekatan proses. Rineka Cipta.

Desiana, D. (n.d.). Reduplikasi Bahasa Kulawi Dialek Uma. BAHASA DAN SASTRA, 3(1).

Jassin, H. B. (2013). Angkatan 66: prosa dan puisi. Dunia Pustaka Jaya.

Keraf, G. (1984). Linguistik bandingan historis. Gramedia.

Keraf, G. (1993). Komposisi: sebuah pengantar kemahiran bahasa. Nusa Indah.

Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (edisi keempat). Gramedia Pustaka Utama.

Lasiratan, W. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Teks Dialog Siswa Kelas VIIC di SMP Negeri 4 Tolitoli. BAHASA DAN SASTRA, 4(3).

Lestari, D. I. (2014). Reduplikasi Semantis Dalam Novel Sunset Bersama Rosie Karya Tere-Liye. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Murtiani, D. (2013). Analisis Pengulangan Kata (Reduplikasi) dalam Artikel Motivasi di www. andriewongso. com. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Muslich, M. (1990). Tata bentuk bahasa Indonesia: kajian ke arah tata bahasa deskriptif. YA3 Malang.

Putrayasa, I. B. (2008). Kajian morfologi: bentuk derivasional dan infeksional. Refika Aditama.

Putri, R. A. (2017). Analisis Kontrastif Reduplikasi Bahasa Jawa dengan Bahasa Indonesia. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 126–135.

Sukmaningtiyas, F. (2015). Analisis Reduplikasi Pada Cerita Fabel Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suparno, D. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia. UIN Press.

Zuhriyah, L., Sholihuddin, A., & Thohir, M. (2018). Proses Afiksasi Morfologi Ism (Nomina) Dalam Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 292–313.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.