Analisis Fungsi Kutipan F6 (Menilai Secara Negatif Pendapat atau Hasil Penelitian Sebelumnya) dalam Artikel Jurnal Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Papua dan Papua Barat Tahun 2019

Juni Syaputra, Elvi Rahmi, Muhammad Ruli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peranan fungsi kutipan F-6 (menilai secara negatif pendapat atau hasil penelitian sebelumnya) pada artikel jurnal terakreditasi yang ada di Perguruan Tinggi Papua dan Papua Barat tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis teks yang dilakukan berdasarkan tujuan fungi kutipan pada kalimat atau kelompok kalimat dalam artikel jurnal penelitian yang terakredutasi di perguruan tinggi Papua dan Papua Barat Tahun 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca secara keseluruhan bagian artikel yang ada pada jurnal terakreditasi di perguruan tinggi Papua dan Papua Barat tahun 2019, menandai bagian-bagian fungsi komunikatif F-6 pada artikel, menganalisis fungsi komunikatif F-6 pada artikel dan menarik kesimpulan dari hasil analisis untuk mengetahui fungsi komunikatif F-6 pada artikel dalam jurnal terakreditasi di perguruan tinggi Papua dan Papua Barat tahun 2019. Sementara teknik analisis dilakukan dengan menandai bagian kalimat yang mengandung fungsi komunikatif F-6 pada artikel, mengumpulkan fungsi komunikatif F-6) pada artikel ke daftar tabel, selanjutnya memberikan kesimpulan fungsi komunikatif F-6 (pada artikel dalam jurnal terakreditasi di perguruan tinggi Papua dan Papua Barat tahun 2019. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan 4% artikel yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi di perguruan tinggi Papua dan Papua Barat yang yeng menggunakan fungsi kutipan F-6 (menilai secara negatif hasil penelitian orang lain). Untuk menunjang keberlangsungan dan meningkatkan jumlah publikasi, diharapkan para peneliti menerapkan fungsi F-6 dalam menemukan cela penelitian baru dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.


Keywords


Fungsi Kutipan, Jurnal F-6

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Yati dkk. (2015). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Bidang Keperawatan dan Kesehatan Persiapan Hingga Publikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dwiloka, Bambang. (2005). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Marwanto. (2011). Sukses Menyajikan Hasil Penelitian Secara Lisan dan Tertulis. Surakarta: UNS Press.

Safnil. (2010). Pengantar Analisis Retorika Teks. Bengkulu: Bengkulu FKIP UNIV Press.

Safnil, dkk. (2016). “Tipe dan Fungsi Pengutipan di Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Berbahasa Indonesia” Jurnal Linguistik Indonesia, 34 (2): 163-177.

Safnil dan Arono. (2016). Sukses Menulis Pendahuluan Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Santoso, Urip. (2014). Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Graha Ilmu. Yogyakarta.

Suyitno, Imam. (2012). Menulis Makalah dan Artikel.Bandung: Rafika Aditama.

Syaputra, Juni. (2017). “Analisis Tipe, Fungsi dan Fitur Linguistik Dalam Pengutipan Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Berbahasa Indonesia Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.” Tesis Tidak Dipublikasikan. Bengkulu. Prodi Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu.

Wardhana, Dian Eka Chandra. (2016). Tatatulis Karangan Ilmiah Remaja Khusus Bab Temuan dan Pembahasan. Artikel Tidak Dipublikasikan. Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.