Gerakan Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal “Grebeg Suran” Banyumas untuk Pembelajaran Berceramah Kelas XI SMA

Lukman Leksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam gerakan literasi sekolah berbasis kearifan lokal di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan objek kajiannya adalah kegiatan berliterasi di dua SMA Negeri di Kabupaten Banyumas. Sumber datanya yaitu kegiatan literasi yang melibatkan guru dan peserta didiknya. Pengambilan dan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam, dianalisis dengan model interaktif. Keabsahan melalui cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong dapat ditanamkan kepada peserta didik melalui gerakan literasi digital sekolah berbasis kearifan lokal dengan mengenalkan video “grebeg suran” Banyumas.  Media video “grebeg suran” Banyumas ini akan dijadikan bahan ceramah oleh para peserta didik. Harapannya agar peserta didik mampu memahami, menghargai, dan mengembangkan budaya “grebeg suran” Banyumas tersebut sebagai budaya warisan leluhurnya yang membanggakan dan menjadi branding daerahnya.


Keywords


gerakan literasi digital, kearifan lokal, ceramah, grebeg suran

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, Kosasih Ali, Idris H. M. Noor, and dan Widodo. (2018). “Nurturing Nationalism Character Valuesat the Primary Schools in Jayapura, Papua.” Cakrawala Pendidikan 37 (1): 42–56.

Ali Imron, A. M., and Farida Nugrahani. (2019). “Strengthening Pluralism in Literature Learning for Character Education of School Students.” Humanities and Social Sciences Reviews 7(3): 207–213.

Dahliani, D., Ispurwono Soemarno, and Purwanita Setijanti. (2015). “Local Wisdom in Built Environment in Globalization Era.” International Journal of Education and Research 3 (6): 157–166.

Davidson, Matthew. (2014). “A_character_education_research for 21st Century.Pdf.” Journal of Character Education 10 (1): 77–83.

Dianawati, Ika. (2011). Grebeg Suran Sedhekah Bumi di Obyek Wisata Baturraden Desa Karangmangu Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Yogyakarta: UNY.

Dikdasmen, Dirjen. (2017). “Desain Master Gerakan Literasi Sekolah.”http://Repositori.Perpustakaan.Kemdikbud .go.id.

Faizah et all. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah menengah atas. 1st ed. Jakarta: Kemendikbud.

Farida Nugrahani, S. Sri Wahono, and Ali Imron AM. (2019). “Ecranisation of Laskar Pelangi Novel and Its Function as Educative Media (Study of Lite- rature Reception).” Humanities and Social Sciences Reviews 7 (3).

Harun, Cut Zahri. (2013). “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 3 (1): 302–-308.

Kasa, I. Wayan. (2011). “Local Wisdom in Relation to Climate Change.” J. Issaas 17(1): 22–27.

Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Koesoema, Doni. (2018.) Training Module on Character Education Strengthening for Teachers. Jakarta: Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesiaikbud RI.

Korsgaard, Christine M. (2011). “The Dependence of Value on Humanity.” in The Practice of Value.

Manullang, Belferik. (2013). “Grand Design of 2045 Gold Generation Character Education.” Jurnal Pendidikan Karakter III (1): 1–14.

Miles, Matthew B., and Johnny Huberman A. Michaek. Saldaña. (2017). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition3. 3rd ed. Los Angeles: Sage.

Muharom Albantani, Azkia, and Ahmad Madkur. (2018). “Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia.” International Journal of Applied Linguistics and English Literature 7 (2) (1): 1–8.

Mungmachon, Miss Roikhwanphut. (2012). “Knowledge and Local Wisdom : Community Treasure.” International Journal of Humanities and Social Science 2 (13): 174–181.

Oppenheimer, Meghan F., Claire Fialkov, Bruce Ecker, and Sanford Portnoy. (2014). “Character Education for Urban Middle School Students.” Journal of Research in Character Education 10 (2): 91–105.

Sabakti, Sri. (2018). “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Buku Pandangan Orang Melayu Terhadap Anak Karya Tenas Effendy.” Widyaparwa 46 (2): 189–204.

Setiawan, B., D. K. Innatesari, W. B. Sabtiawan, and S. Sudarmin. (2017). “The Development of Local Wisdom- Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6 (1): 49–54.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1 (1): 47–57.

Supriyadi, Edy, Zamtinah, Sunaryo Soenarto, and Yuwono Indro Hatmojo. 2019. “A Character-Based Assessment Model for Vocational High Schools.” Cakrawala Pendidikan 38 (2): 269–280.

Thamrin, Husni. 2013. “Kearifan Lokal Dalam Pelestarian Lingkungan (The Lokal Wisdom in Environmental Sustainable).” Kutubkhanah 16 (1): 46–59.

Verhezem, Peter. 2018. From a Culture of Gifts to a Culture of Exchange (of Gifts): An Indonesian Perspective on Bribery.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.