Hubungan Sikap Bahasa dan Minat Baca

Umar Mansyur, Ayinun Mardhiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap bahasa dan minat baca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia (UMI), serta untuk mengetahui tingkat hubungannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Jumlah sampel sebanyak 117 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sikap bahasa dan minat baca. Sebelum dianalisis, data penelitian diuji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis product moment pearson correlation program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan: (i) sikap bahasa mahasiswa berada pada kategori sangat positif, yakni 79,5% dan 20,5% berkategori positif; (ii) minat baca mahasiswa berada pada kategori tinggi, yakni sebesar 56,4%, 17,1% berkategori sangat tinggi, dan 26,5% berkategori sedang; (iii) hasil analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,680, yang menunjukkan interpretasi tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien korelasi yang positif juga menandakan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi sikap bahasa mahasiswa, maka semakin tinggi pula minat baca mahasiswa. Jadi, terdapat hubungan yang positif antara sikap bahasa dengan minat baca mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Keywords


sikap bahasa; minat baca

Full Text:

PDF

References


Abbas, F., Jalil, M. K., & Zaki, H. N. (2020). Implicit Measure of Language Attitude: Study of Punjabi Native Speakers by Using Matched Guise Technique. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(1), 194–206.

Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 36. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.237

Apriliani, R., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2016). Hubungan antara Pemahaman Unsur Kebahasaan dan Sikap terhadap Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.23917/kls.v1i1.2480

Budiawan. (2008). Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa SMA Se-Bandar Lampung. Universitas Indonesia.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ginting, S. A. (2018). Language Attitude of Sellers in Traditional Market Toward Karonese Language. English Language Teaching, 11(7), 125–130. https://doi.org/10.5539/elt.v11n7p125

Hardianto, D. (2011). Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 1–13.

Hikmat, A., & Solihati, N. (2013). Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa S1 & Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum. Jakarta: Grasindo.

Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual, 17(1), 11–23.

Mansyur, U. (2019a). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, 203–2017. Retrieved from https://osf.io/va3fk

Mansyur, U. (2019b). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal GERAM, 7(2), 72–78. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Retrieved July 7, 2019, from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Riana, R., & Setiadi, S. (2015). Pengaruh Sikap Berbahasa terhadap Penerapan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Jurnal Dinamika Sosbud, 17(2), 104–116.

Setyowati, H. (2016). Pengaruh Minat Membaca terhadap Kemampuan Berbahasa Kelas V SDN Se-Gugus II Gembongan. Basic Education, 5(24), 2307–2312.

Suciaty, W. N. (2017). Pengaruh Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Berbahasa Prancis pada Mahasiswa S1 Departemen Pendidikan Bahasa Prancis FPBS UPI. Universitas Diponegoro.

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Mengahadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12–16.

Umam, A. K. (2013). Pentingnya Memahami Sikap terhadap Membaca pada Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 5(1), 79–99.

Widiyarto, S. (2017). Peranan Soft Skill dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Semantik, 6(2), 31–38.

Zuhriyah, A. (2015). Sikap Mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia dan Hubungannya dengan Pencapaian Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia. Jurnal BASTRA, 2(1), 85–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i2.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.