Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Pidato melalui Model Problem Based Learning

Sapta Wiguna, Yummna Rasyid, Asti Purbarini

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis naskah pidato melalui model Problem Based Learning. Latar belakang penelitian berawal dari peserta didik yang memperoleh nilai rendah dalam keterampilan menulis, lemahnya penguasaan kosakata, dan kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX Mts Sirojul Athfal Ciawi, Bogor pada tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan melalui beberapa cara yakni : Observasi, tes awal, postes, catatan kolabolator dan tes akhir. Berdasarkan tes awal peneliti membuat rencana tindakan sesuai dengan model Problem Based Learning yang kemudian diimplementasikan melalui dua siklus untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah pidato. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah berupa tes, beberapa aspek yang dinilain diantaranya idea atau contents, organization, word choice, sentence fluency, dan convention. Data yang dianalisis data kualitatif dan kuantitatif. hasil penelitian menunjukan ketuntasan belajar menulis pada pra observasi 66,25%, siklus satu 72,05% dan siklus dua 83,78%. Peningkatan kemampuan menulis Naskah Pidato melalui model PBL mengalami peningkatan.


Keywords


peningkatan; problem based learning; menulis naskah pidato

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. (2007).Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Longman.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pebelajaran:Jakarta, Permata Puri Media.

Jacobsen, David A. Paul Eggen, dan Donal Kauchak. (2009) Metods for Teaching (metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA):Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rakhmat, Jalaluddin. (2004). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afriani, S., & Atmazaki, E. A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 321-328.

Suprihatin, S., Setiawan, B., & Anindyarini, A. (2017). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR). BASASTRA, 5(2), 143-162.

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.(Jakarta: Erlangga.

Yaumi, Muhammad dan Muljonomor Damopoli. (2014). Action Research : Teori, Model, dan aplikasi Jakarta: Kencana.

Wiyanto, Asul. (1999). Berpidato yang Memukau. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

 Google Scholar         

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.