Makian Bagian Tubuh dalam Bahasa Melayu Jambi di Muara Bungo:Kajian Sosiolinguistik

Sri Wahyuni, Rina Marnita, Fajri Usman

Abstract


Jambi merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Jambi memiliki 11 kabupaten, salah satunya adalah Muara Bungo. Masyarakat Muara Bungo menggunakan bahasa Melayu Jambi dalam berinteraksi satu sama lain. Artikel ini membahas tentang makian dalam bahasa Melayu Jambi di Muara Bungo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan menjelaskan makian dalam bahasa Melayu Jambi. Peneliti melakukan observasi lapangan dan kemudian melakukan penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak dan cakap. Teknik mengumpulkan data yaitu teknik simak libat bebas cakap dan teknik cakap/wawancara. Penelitian ini juga menggunakan teknik lanjutan, yaitu rekam dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan dan mentedo agih.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis disajikan dalam bentuk deskriptif informal. Penemuan hasil penelitian menunjukkan bahwa makian dalam bahasa Melayu Jambi memiliki perbedaan antara bahasa daerah lainnya dari segi bentuk, karakteristik, dan fungsi makian.


Keywords


makian; makian bagian tubuh; bahasa Melayu Jambi; sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References


Botifar, Maria. (2016). “Ungkapan Makian dalam Bahasa Melayu Bengkulu Analisis Makna dan Konteks Sosial”. Wacana: 14, 1.

Hymes, Dell. (1989). Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Laksana, I Ketut Darma. (2009). “Tabu Bahasa: Salah Satu Cara Memahami Kebudayaan Bali.” Denpasar: Udayana University Press.

Ljung, Magnus. (2011). Swearing a Cross-Cultural Linguistic Study. University of Stockholm, Sweden. Palgrave Macmillan.

Moleong, J Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Montagu, Ashley (1967). The Anatomy of Swearing. University of Pennsylvania Press.

Putra, Rachmad R. (2010). “Bentuk dan Fungsi Kata Umpatan pada Komunikasi Informal di Kalangan Siswa SMA Neferi 3 Surabaya: Kajian Sosiolinguistik.” Surabaya.

Ramlan, M. (1987). Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Sudaryanto(1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa : Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistics. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudaryanto(2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sudaryanto, dkk. (1982). ”Kata-kata Afektif dalam Bahasa Jawa”. Laporan Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Daerah Istimewa Yogyakarta: Departemen Pendidikan.

Sudaryanto. (1998b). Metode dan Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Rachmawati, Desi. (2016). “Makian dalam Komentar di Akun Intagram @Lambe_Turah.” Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Rahman, Syahrul. (2017). “Swearing A Cross-Cultural Study in Asia and European languages.” Tesis. University Nijmegen.

Winingsih, Tri. 2010. “Pisuhan dalam Baso Suroboyoan Kajian Sosiolinguistik”. Tesis: Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Wijana, I Dewa Putu. dan Rohmadi, Muhammad. (2006). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.