PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIKA

Rara Erria, Buyung Buyung, Resy Nirawati, Patrice Ester Paruntu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan post-test-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPS Kopisan Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh data menggunakan tes kemampuan literasi matematis dalam bentuk soal uraian. Hasil tes kemampuan literasi matematis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 8,444 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 6,933. Setelah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji independent diperoleh 𝑑 β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 3,4964 > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,03951Β  pada taraf signifikan 5%,Β  artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian diperoleh Effect Size sebesar 0,88 dengan interpretasi kategori besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII di SMPS Kopisan Singkawang

Keywords


Literasi Matematika; Problem Based Learing (PBL)

Full Text:

PDF

References


Anggiana, A. D. (2022). ANALISIS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 91.

Apriyanti, H. (2014). Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan haasil belajar siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, 1.

Astuti, A. D. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. Journal of Mathematics Education, 37.

Aulia Firdaus 1, M. A. (2021). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama , 190.

Dewi Yanwari Madyaratria, W. A. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran. PRISMA 2 (2019), 649.

Dyah Ambarwati, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2866-2867.

Elok Rintarti Widiastuti, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1693.

Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Volume1 No 1 Universitas Syiah Kuala. Aceh

kemdikbud, p. w. (2019, Desember 04). Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan. Dipetik Desember 04, 2019, dari Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kurniawan, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Problem-Based Learning. Satya Widya,28(2), 167-174. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p167-174

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA 1 (2018), 1.

Masjaya1), W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan. PRISMA 1 (2018), 570.

Megita Dwi Pamungkas, Y. F. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 76.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Rahmat Hidayat, Y. R. (2018). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 215-2016.

Rifqi Hidayat, J. R. (2019). KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 34.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika,UNY (pp. 713-720).

Sentosa, A. W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELFEFFICACY

Vika Conie Fatwa, A. S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 390.

Visi Ornawati, Z. R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 47.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. Β  : +62562 420 0344
No. Fax. Β  Β : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN :Β 2597-9760

p-ISSN :Β 2597-9752

Editor in Chief: [email protected] /Β [email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher:Β [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

Β  Β  Β 

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and ResearchΒ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.