HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SDN 5 SINGKAWANG

Kamaruddin Kamaruddin, Rini Setyowati, Yuni Agusniarti

Abstract


Berdasarkan hasil pra riset di SDN 5 Singkawang bahwa sebagian hasil belajar siswa pada pelajaran IPS masih tergolong rendah. Berdasarkan data dari guru bahwa hasil belajar IPS kurang lebih 70% masih berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan:   1) Untuk mendeskrIPSikan keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN 5 Singkawang; 2) Untuk mendeskrIPSikan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V di SDN 5 Singkawang; 3) Untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V di SDN 5 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Singkawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunkan Kolomogrov-Smirnov dan uji linier. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari hasil perolehan persentase keseluruhan skor angket keaktifan belajar siswa kelas V SDN 5 Singkawang yaitu 69,77% yang artinya keaktifan belajar siswa SDN 5 Singkawang  terkategori “baik”; 2) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 5 Singkawang terkategori “tinggi” berdasarkan skor dengan rata-rata keseluruhan skor siswa yaitu 71,28; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa kelas V SDN 5 Singkawang dengan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,69 dan diperoleh nilai  sebesar 7,133  >  sebesar 2,003


Keywords


Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Budianto, A. (2016) Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68.

Fadjrin, N. N. (2018). Hubungan keaktifan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jurnal MathGram Matematika, Vol 2 No 1 April 2018

Hamalik. (2017). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ingtyas dan Regina. (2021) Hubungan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Boga Dasar Dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Glora Jaya Nusantara Medan. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 5(1).

LP2M. (2022). Pedoman Penyusunan SkrIPSi STKIP Singkawang. Singkawang.

Puspitaningdyah, Dwi Okta. (2018) "Pengaruh keterampilan mengelola kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar IPS SD." Joyful Learning Journal 7, no. 1: 39-47.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajwali Press.

Solimun, dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif Prespektif Sistem. UB Press.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: PT. Rosadakarya.

Sufiyati dan Novianto. (2021). Peningkatan Minat Belajar, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif Teknik Quiz Team. Jurnal Sosialita, 16(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilowati, dkk. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SDN Taktakan I. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2).

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.