PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MASA PANDEMI

Citra Utami, Nadya Eka Suryani, Evi Susanti, Nur' Aisha, Puput Safitri Wijaya, Buyung Buyung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandiran belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan pemahaman konsep beserta angket kemandirian belajar kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji regresi dengan signifikansi sebesar 0,736 > 0,05 hal ini berarti bahwa kemandirian belajar secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Keywords


Kemandirian Belajar ; Pemahaman Konsep Matematis; Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Babari (2002). Relasi dengan Sesama. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah, Lampiran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal. id/Edupsycouns/article/view/397

Putri, N. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Putri, S. T., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Matematika Berbasis Online (E-Learning) Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 320-327.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.

Suraji, Maimunah & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 16-19.

QALBU, N., Ahmad, S., & Fatmawati, K. (2021). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDIT NURUL HIKMAH TANJUNG JABUNG TIMUR (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.