FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD 14 SEMPERIUK A

Buyung Buyung, Rika Wahyuni, Mariyam Mariyam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 14 Semperiuk A. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik lembar hasil siswa. Analisis data dengan model ini terdiri dari tiga hal yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan/verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa yaitu, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, rendahnya pemahaman konsep siswa, serta kurangnya kedisiplinan siswa

Keywords


Pemahaman; Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Fathani. (2012). Matematika: Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media. Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Antonius Cahyo Priambodo. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Husni, Latifah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan Hasil belajar Matematika. Jurnal Edukasi Musi Rawas. Vol.4 (1): hal.125-144.

J. Tombokan Runtukahu & Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR- Ruzz Media.

Jamil Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mike Ollerton. (2010). Panduan Guru Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

R. Soedjati. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kaulitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar & Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.